Gangguan Jiwa, Anak Bacok Ibu Kandung di Blitar Bisa Lolos dari Hukuman

Gangguan Jiwa, Anak Bacok Ibu Kandung di Blitar Bisa Lolos dari Hukuman Heri Susanto, tersangka pembacokan terhadap ibu kandungnya sendiri dipastikan mengalami gangguan jiwa.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Heri Susanto (36), warga Desa Karangbendo, Ponggok, Kabupaten Blitar yang tega melakukan aksi pembacokan kepada Sai'in (55) ibu kandungnya sendiri, dimungkinkan bakal lolos dari jeratan hukum. Pasalnya, pria bertato ini dipastikan mengalami gangguan jiwa. Kepastian ini setelah Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar memeriksa pelaku yang masih berada di Mapolsek Ponggok.

"Sudah diperiksa oleh petugas dari Dinas Kesehatan dan ternyata pelaku ini adalah ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)," kata Kapolsek Ponggok, Iptu Soni Suhartanto, Senin (16/09/2019).

Sebelumnya, polisi memang telah curiga dengan kondisi kejiwaan pelaku. Sejak diamankan di Polsek Ponggok, Sabtu (14/9/2019) malam, tak banyak keterangan yang bisa dikorek dari pelaku. Termasuk motif apa yang melatar belakangi pelaku hingga tega menganiaya ibu kandungnya sendiri. Saat dimintai keterangan, pelaku menjawab dengan kalimat yang tidak dimengerti.

"Dinas Kesehatan menyatakan pelaku adalah ODGJ karena sejak pertama kali ditangkap hingga proses penyidikan, tersangka ini selalu ngelantur kalau ditanya. Sehingga mungkin inilah yang menjadi dasar," terangnya.

Kepada penyidik yang memeriksa, Heri menjawab dengan kalimat yang tak masuk akal. Ia nekat membacok ibunya karena merasa terancam terhadap ibunya yang dianggap sebagai ninja yang hendak menyerang dirinya. Kalimat ini juga terus diulang-ulang oleh Heri kepada wartawan yang mendatanginya di Mapolsek Ponggok.

Karena kondisinya, Heri akan segera dikirim ke RSJ Lawang untuk menjalani perawatan. Polisi kini tinggal menunggu proses penyelesaian administrasi untuk ikut mengantar Heri ke RSJ.

"Kami tinggal menunggu hasil koordinasi antara Pemerintah Desa Karangbendo dengan Dinas Kesehatan. Nanti kepolisian akan ikut mengawal," ujar Soni.

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO