Dansatsel Koarmada II Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-60 Hiu Kencana

Dansatsel Koarmada II Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-60 Hiu Kencana Sesepuh kapal selam Laksda TNI (Pur) Frans Wuwung, yang didaulat bersama perwira termuda Satsel Lettu Laut (P) Nurrohman, menerima potongan tumpeng dari Komandan Satsel Koarmada II.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komandan Satuan Kapal Selam Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa, M.Pd. memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-60 Hiu Kencana Satuan Kapal Selam, bertempat di Monumen Kompleks Candrasa , Kamis (12/09/2019).

Melalui amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Kapal Selam, Panglima Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mengoperasikan armada kapal selam untuk pertempuran dan pertahanan di laut.

Armada Kapal Selam TNI AL pernah mengalami masa kejayaannya pada tahun 1962, di mana ALRI (sebutan TNI AL saat itu) memiliki 12 kapal selam jenis Whiskey-Class buatan Uni Soviet, hingga dianggap sebagai angkatan laut terkuat di kawasan Asia Tenggara.

Lebih lanjut Pangkoarmada II menyampaikan perkembangan lingkungan strategis saat ini, menuntut untuk selalu dapat bertindak responsif terhadap segala bentuk ancaman.

“Kehadiran 2 unit kapal selam baru yaitu KRI Nagapasa- 403 dan KRI Ardadedali-404 yang merupakan kapal selam berteknologi tinggi dan mutakhir, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan persenjataan sehingga memiliki daya tangkal yang tinggi dalam upaya pengamanan wilayah laut Indonesia,“ tandas Pangkoarmada II.

Pangkoarmada II juga menambahkan dalam kurun waktu 60 tahun, Satuan Kapal Selam telah mampu membentuk dirinya menjadi kesatuan yang tangguh sebagai bagian dari kekuatan Armada Republik Indonesia.

“Teruslah Berkarya dan Berbakti Demi Kejayaan NKRI,“ pungkas Pangkoarmada II.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan ramah tamah yang ikut dihadiri oleh sesepuh kapal selam Laksda TNI (Pur) Frans Wuwung, yang didaulat bersama perwira termuda Satsel Lettu Laut (P) Nurrohman untuk menerima potongan tumpeng dari Komandan Satsel . (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO