Tingkatkan Kecintaan Generasi Muda Terhadap Tanah Air, Bakesbangpol Gelar Pembinaan Bela Negara

Tingkatkan Kecintaan Generasi Muda Terhadap Tanah Air, Bakesbangpol Gelar Pembinaan Bela Negara

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) melaksanakan kegiatan pembinaan kesadaran bela negara di ruang pertemuan Rumah Makan Gedoeng Woloe Kota Pasuruan. Acara ini diselenggarakan dua hari, Selasa (10/9) sampai dengan hari Rabu (11/9).

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. Turut hadir juga Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Perwakilan Kodim 0819 Pasuruan, Kepala OPD terkait, dan Camat se-Kota Pasuruan.

Menurut Wawali Teno, kegiatan itu bagian dalam memelihara persatuan, kesatuan, dan mengedukasikan program nasional kesadaran bela negara. "Kita menyadari keberadaan masyarakat yang majemuk merupakan kekayaan Bangsa Indonesia yang harus diakui, diterima, dihormati dan dijaga serta diikat oleh suatu identitas bersama. Karena ketahanan nasional yang terintegrasi pada setiap aspek kehidupan bangsa dan negara yang mengandung kemampuan, mengembangkan kekuatan nasional juga memerlukan keterlibatan masyarakat. Di samping telah dilakukan ranahnya oleh TNI dan Polri yang terlatih secara profesional," tuturnya.

Untuk itu wawali mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi menangkal dan mencegah segala bentuk ancaman dan tantangan terhadap keutuhan bangsa Indonesia. "Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," urainya.

Atas dasar itu, wawali mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kota Pasuruan khususnya generasi muda, untuk meningkatkan kesadaran bela negara agar Indonesia menjadi generasi yang tangguh punya daya saing, serta dapat mengelola kecerdasan pengetahuan dan keahlian menjadi produktivitas bangsa.

Sementara menurut Kepala Bakesbangpol Kota Pasuruan Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bagi generasi muda Kota Pasuruan.

Adapun Peserta kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Kota Pasuruan tahun 2019 adalah perwakilan SMA dan SMK se-Kota Pasuruan dengan jumlah 60 siswa. Narasumber yaitu Wakil Wali Kota Pasuruan, Kodim 0819 Pasuruan, Kepala Bakesbangpol Kota Pasuruan, Rektor Universitas Merdeka Kota Pasuruan, dan Kepala Bidang Ideologi Wasbang dan Warnas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO