Wujudkan Kamtrantibmas, Bakesbangpol Kota Pasuruan Gelar Fasilitasi Stabilitas Wilayah

Wujudkan Kamtrantibmas, Bakesbangpol Kota Pasuruan Gelar Fasilitasi Stabilitas Wilayah Kegiatan Fasilitasi Stabilitas Wilayah dalam rangka pembekalan dan analisa wilayah yang digelar di salah satu rumah makan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) melaksanakan kegiatan fasilitasi stabilitas wilayah (pembekalan analisa dan deteksi wilayah) Kota Pasuruan.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan H. Mahbub Effendi, S.E., M.M. Kamis (24/10) bertempat di salah satu ruang rapat rumah makan. Acara ini dihadiri jajaran Forkopimda, OPD terkait, dan Camat se-Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini Mahbub Effendi menyampaikan beberapa pesan dalam rangka menciptakan stabilitas Kota Pasuruan, Ia mengajak untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dengan meningkatkan penajaman analisa melalui tindakan deteksi.

"Sehingga mampu memberikan informasi secara dini dalam upaya-upaya membendung atau menanggulangi kelompok tertentu yang bermaksud mengganggu stabilitas sosial politik serta mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Serta mengoptimalkan sinergitas untuk mewujudkan sistem lapor cepat tentang perkembangan situasi daerah masing-masing agar dapat dilakukan upaya antisipasi secara cepat dan tepat," paparnya.

(Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan H. Mahbub Effendi, S.E., M.M. saat membuka acara)

Menurutnya, pembekalan analisa dan deteksi wilayah ini ditujukan kepada seluruh komponen masyarakat Kota Pasuruan. Kegiatan fasilitasi stabilitas wilayah merupakan bagian penting untuk mewujudkan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat (Kamtrantibmas).

"Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan keterlibatan seluruh komponen bangsa dan peran aktif masyarakat. Pembekalan analisa dan deteksi wilayah diharapkan bisa menjadi sarana informasi dasar untuk dapat melaksanakan korektif dan antisipasi terhadap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah Kota Pasuruan," tuturnya.

Sementara Kepala Bakesbangpol Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan mengasah kemampuan untuk mempertajam analisa dalam mengolah informasi serta deteksi di wilayah.

Adapun peserta terdiri dari Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Pasuruan, Staf Bakesbangpol, dan RW se-Kota Pasuruan. Sedangkan narasumber didatangkan dari Kodim 0819 Pasuruan, Polres Pasuruan Kota, dan Kepala Bakesbangpol. (ard/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO