Bakesbangpol Kota Pasuruan Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Kelembagaan Partai Politik

Bakesbangpol Kota Pasuruan Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Kelembagaan Partai Politik Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo menyalami peserta usai pembukaan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan fasilitasi dan pembinaan kelembagaan partai politik di Hotel Pelangi Jalan Merdeka Barat, Malang. Kegiatan yang digelar selama 3 hari mulai Rabu (16/10) hingga Jum’at (18/10) tersebut secara resmi dibuka oleh Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo.

Turut hadir juga Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala OPD, serta undangan lain.

Dalam sambutannya, Plt. Wali Kota Teno mengatakan fasilitasi dan pembinaan kelembagaan partai politik merupakan media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan akhir untuk membuat masyarakat menjadi lebih memahami politik.

Melalui kegiatan ini, ia berharap masyarakat sadar akan hak kewajiban dan tanggung jawabnya sehingga dapat ikut berpartisipasi aktif dalam setiap proses pembangunan. Bahwa, masyarakat juga diperlukan keberadaannya, terutama untuk mendidik generasi muda, dengan harapan nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan untuk memahami situasi sosial politik yang penuh dengan dinamika.

"Aktifitas yang dilakukan diarahkan pada proses demokratisasi serta berani bersikap kritis dalam proses pengambilan keputusan dalam setiap perubahan yang diharapkan. Oleh karena itu, diharapkan kepada segenap masyarakat Kota Pasuruan, agar dalam implementasi kebijakan pembangunan yang ada di Kota Pasuruan jangan segan-segan untuk mengkritisi dan atau memberikan sumbangsih pemikiran demi terwujudnya cita-cita pembangunan yang sangat diharapkan untuk mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Pasuruan. Dan juga sebentar lagi sudah memasuki masa kampanye, dalam pemilu kepala daerah yang waktunya pada 23 september 2020 marilah kita bersama sama untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaannya sesuai dengan tahapan pelaksanaan," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Plt. Wali Kota Teno juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Pasuruan untuk menyukseskan pelaksanaan pembangunan yang telah dicanangkan di Kota Pasuruan, karena bagaimana pun juga proses pembangunan tidak dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan tanpa peran aktif masyarakat. 

Sementara Kepala Bakesbangpol Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si, mengatakan maksud diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan hubungan kelembagaan sosial politik di Kota Pasuruan. Serta bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta yang dihadiri oleh seluruh fungsionaris partai politik yang ada di wilayah Kota Pasuruan.

"Peserta 64 orang yang berasal dari fungsionaris partai politik yang ada di wilayah Kota Pasuruan. narasumber dari Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur, Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan, dan Ketua Bawaslu Kota Pasuruan. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO