Pasca Bentrokan di Parengan, Perguruan Silat se-Tuban Ikrar Damai

Pasca Bentrokan di Parengan, Perguruan Silat se-Tuban Ikrar Damai Perwakilan Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Tuban bergandengan tangan dengan Forkopimka Parengan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Seluruh perguruan pencak silat yang berada di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban menggelar deklarasi damai di pendopo kecamatan setempat, Rabu (28/8). Deklarasi itu dilakukan pasca terjadinya aksi penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda tak bertanggung jawab terhadap perguruan PSHT di Desa Parangbatu, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu.

Pembacaan ikrar damai tersebut dilakukan seluruh perguruan se-Kecamatan Parengan. Di antaranya, PSHT, PSHW, PN, IKSPI Kera Sakti, Pencak Dor, Margoloyo, Laduni, Puspa Nurani, PSH, dan Banser.

Plt. Camat Parengan, Joko Suprianto mengatakan deklarasi ini digelar untuk mencegah terjadinya insiden serupa. Ia mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama turut menciptakan suasana damai dan sejuk di Parengan

“Seluruh pengurus silat ini kita kumpulkan untuk menyepakati, jika terjadi sesuatu harus dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mencari solusi terbaik,” ujar Joko Suprianto usai deklarasi, Rabu (28/8).

Di tempat yang sama, Kapolsek Parengan AKP Mujito menyeru agar masyarakat tidak terprovokasi dan mempercayakan penanganan kasus itu kepada pihak kepolisian. "Seluruh elemen masyarakat harus terus menjaga situasi yang aman dan kondusif," ajaknya.

“Mari kita jaga situasi wilayah kita ini. Dengan adanya kejadian kemarin, saya harap seluruh perguruan pencak silat mempercayakan sepenuhnya kepada pihak kepolisian dalam menindak para perusuh sesuai dengan hukum yang berlaku,” tuturnya.

Semetara itu, perwakilan PSHT Parengan Imam Sutiyono menyatakan siap melaksanakan poin-poin yang telah diikrarkan dalam deklarasi. "Kami semua organisasi pencak silat Parengan akan menjaga keamanan dan kondusivitas masyarakat. Kami percaya kepolisian akan bertindak tegas dan cepat dalam menyelesaikan kasus ini," tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan perwakilan Pagar Nusa (PN) Parengan Ali Fauzan. Pihaknya berkomitmen untuk turut menciptakan kondisi sejuk di masyarakat. "Untuk insiden beberapa waktu lalu kita serahkan semua kepada pihak berwajib untuk memberikan yang terbaik," tutupnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO