Khofifah Ajak Millenial Resapi Jasa Para Pahlawan di Hari Kemerdekaan

Khofifah Ajak Millenial Resapi Jasa Para Pahlawan di Hari Kemerdekaan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjadi inspektur upacara dalam renungan suci malam kemerdekaan di TMP Nasional 10 Nopember 1945. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di heningnya tengah malam Kota Pahlawan, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Sepuluh Nopember di Jalan Mayjend Sungkono, tepat pukul 00.00 WIB, Sabtu (17/8).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir langsung memimpin jalannya kegiatan dengan bertugas sebagai inspektur apel. Didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Kapolda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, dan jajaran forum komunikasi daerah Jawa Timur, renungan suci ini juga mengajak lebih dari seratus pelajar SMA di Jawa Timur.

Suasana syahdu begitu terasa sepanjang apel kehormatan dan renungan suci tersebut. Pasalnya, kegiatan renungan suci itu dilakukan di tengah temaramnya cahaya obor dan lilin yang menyala di setiap makam pahlawan. Hal ini menambah kekhusyukan dan kekhidmatan dalam memberikan penghomatan, doa, serta rangkaian mengenang jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan yang hasilnya dinikmati segenap warga bangsa Indonesia selama 74 tahun ini.

"Dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 kami yang hadir pada hari Sabtu 17 agustus 2019 pukul 00.00 WIB pada apel ini memberi penghormatan pada arwah para pahlawan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemanyam di makam pahlawan," ucap Khofifah membacakan naskah apel kehomatan dan renungan suci.

Ia mengajak para peserta apel untuk menyatakan penghormatan sebesar-besarnya pada para kusuma bangsa sebanyak 3.361 TNI, Polri dan Sipil yang dimakamkan di TMP tersebut, maupun mereka yang gugur namun namanya tidak dikenal, yang jasadnya terbenam di lautan, yang besemayam di lembah, maupun di ngarai-ngarai.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan dan keikhlasan pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi demi kebahagiaan nusa dan bangsa," ucap Khofifah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO