Minggu, 18 Agustus 2019 04:46

Atasi Depresi Warga Binaan, Lapas Klas IIA Pamekasan Gandeng Psikolog Unmer Malang

Kamis, 08 Agustus 2019 21:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
Atasi Depresi Warga Binaan, Lapas Klas IIA Pamekasan Gandeng Psikolog Unmer Malang
Kalapas Pamekasan, Hanafi dan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang, Dr. Trihadasih saat menandatangani surat kerja sama.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pamekasan bekerja sama dengan Universitas Merdeka (Unmer) Malang memberikan pendampingan psikologi terhadap warga binaannya, Kamis (08/08/19).

Kepala Lapas (Kalapas) Pamekasan M. Hanafi menginginkan warga binaanya dapat kembali ke masyarakat dengan baik.

“Tidak bisa dipungkiri para tahanan banyak yang mengalami depresi, maka itu diperlukan pendekatan dengan cara menghadirkan psikolog," kata Hanafi kepada sejumlah wartawan, Kamis (8/8/2019) siang.

Ia mengutarakan, orang yang masuk di dalam lapas dan rutan mengalami kehilangan kepercayaan mendasar, yakni memiliki, pelayanan, hubungan seksual, dan yang sangat berat kehilangan kemerdekaannya.

Untuk itu, adanya pendidikan psikologi juga berperan penting untuk mendidik warga binaan agar bisa berpikir dan mandiri.

“Setelah menjalani masa hukuman di dalam penjara, sebagaian warga binaan bingung untuk bekerja sebagai apa. Nah, dengan adanya pendidikan ini, juga membantu warga binaan menemukan bakatnya yang sesungguhnya. Supaya nantinya juga mereka lebih mandiri lagi,” ujar Hanafi.

Hanafi juga menjelaskan, pendidikan psikologi tersebut dilakukan untuk mempersiapkan mental para warga binaan ketika akan pulang.

"Karena nanti ketika mereka pulang, akan ada hukum moral yang harus mereka hadapi. Bagaimana dengan anggapan masyarakat yang dianggap orang tidak baik setelah keluar dari penjara, dan mengenai ekonominya juga seperti apa yang harus mereka hadapi. Nah di situlah peran psikologi ini untuk menguatkan mental mereka," ujar Kalapas yang merupakan putra asli Pamekasan.

Sementara, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang, Dr. Trihadasih mengatakan, pihaknya akan ikut berperan dalam pembinaan psikologi yang dialami oleh warga binaan Lapas Klas IIA Pamekasan.

"Ini merupakan kesempatan paling berharga bagi kami untuk menjalin kerja sama dengan Lapas Pamekasan dalam pembinaan psikologi warga binaan," kata Trihadasih.

Trihadasih juga mengaku, pendampingan psikologi itu dilakukan pihaknya dalam rangka untuk memberikan pendampingan serta pembinaan yang lebih efektif.

"Harapannya nanti para warga binaan ini kalau sudah keluar dari dalam Lapas dan kembali ke masyarakat dapat menjadi masyarakat yang berkualitas," pungkasnya. (err/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...