Atasi Depresi Warga Binaan, Lapas Klas IIA Pamekasan Gandeng Psikolog Unmer Malang

Atasi Depresi Warga Binaan, Lapas Klas IIA Pamekasan Gandeng Psikolog Unmer Malang Kalapas Pamekasan, Hanafi dan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang, Dr. Trihadasih saat menandatangani surat kerja sama.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pamekasan bekerja sama dengan Universitas Merdeka (Unmer) Malang memberikan pendampingan psikologi terhadap warga binaannya, Kamis (08/08/19).

Kepala Lapas (Kalapas) Pamekasan M. Hanafi menginginkan warga binaanya dapat kembali ke masyarakat dengan baik.

“Tidak bisa dipungkiri para tahanan banyak yang mengalami depresi, maka itu diperlukan pendekatan dengan cara menghadirkan psikolog," kata Hanafi kepada sejumlah wartawan, Kamis (8/8/2019) siang.

Ia mengutarakan, orang yang masuk di dalam lapas dan rutan mengalami kehilangan kepercayaan mendasar, yakni memiliki, pelayanan, hubungan seksual, dan yang sangat berat kehilangan kemerdekaannya.

Untuk itu, adanya pendidikan psikologi juga berperan penting untuk mendidik warga binaan agar bisa berpikir dan mandiri.

“Setelah menjalani masa hukuman di dalam penjara, sebagaian warga binaan bingung untuk bekerja sebagai apa. Nah, dengan adanya pendidikan ini, juga membantu warga binaan menemukan bakatnya yang sesungguhnya. Supaya nantinya juga mereka lebih mandiri lagi,” ujar Hanafi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO