Kepala Dinkes Pacitan: Hepatitis A Tidak Menular Lewat Udara

Kepala Dinkes Pacitan: Hepatitis A Tidak Menular Lewat Udara Kepala Dinkes Pacitan, dr Eko Budiono.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Eko Budiono angkat bicara menanggapi pemberitaan terkait adanya daerah yang mengimbau warganya agar tidak berkunjung ke Pacitan, sebelum status KLB atas Hepatitis A dicabut.

Dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Eko berharap agar daerah tersebut sadar tentang apa dan bagaimana penyakit Hepatitis A itu. "Semoga daerah-daerah yang mengimbau tersebut sadar akan Hepatitis A, dan mengubah imbauan tersebut," katanya, Sabtu (3/8).

Eko menegaskan, Hepatitis ada tingkatannya. Mulai A, B, dan C. Sedangkan Hepatitis A ini merupakan yang teringan. "Penularannya bukan melalui udara, melainkan dari makanan atau minuman yang tercemar. Atau kebersihan dari masing-masing individu. Jadi seandainya di tempat kerumunan massa, ada penderita Hepatitis A, ini tidak akan menjadi media penularan," terangnya kepada BANGSAONLINE.com.

Karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak salah paham dengan kasus Hepatitis A dan terlampau fobia menyikapinya. "Yang terpenting, jaga pola kesehatan. Cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan, atau ketika memasak makanan. Begitu pun dengan ibu menyusui, bersihkan tangan dengan sabun sebelum menyusui putra-putrinya. Ini sebagai media penangkal paling mendasar untuk terhindar dari penyakit Hepatitis A. Sekali lagi kami tekankan, Hepatitis A tidak bisa menular melalui udara," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO