Dinkes akan Gelar Deklarasi Pacitan Bebas Hepatitis A

Dinkes akan Gelar Deklarasi Pacitan Bebas Hepatitis A Kegiatan deklarasi dari sejumlah lembaga di Pacitan, beberapa waktu lalu.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hepatitis A di bisa dibilang sudah berlalu. Bahkan tanggal 14 September nanti, Dinas Kesehatan setempat berencana menggelar deklarasi bersama kalau sudah terbebas dari Hepatitis A dan aman untuk dikunjungi. Pernyataan tersebut disampaikan Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan , Wawan Kasiyanto, Rabu (21/8).

Menurut Wawan dari 1.251 pasien yang terpapar virus Hepatitis A, semua sembuh total dan tidak ada yang meninggal dunia. "Semua pasien sembuh dan tidak ada satu pasien pun yang meninggal dunia akibat terpapar virus Hepatitis A," jelasnya.

Meski begitu, ia meminta agar masyarakat tetap waspada. Mengingat penyakit TBC paru masih menjadi skala prioritas yang harus dicegah. "Jumlah penderitanya memang tak sebanyak kasus Hepatitis A lalu, akan tetapi hampir setiap tahun selalu ada pasien TBC yang meninggal dunia. Ini yang harus diperhatikan dan menjadi kewaspadaan," pinta dia.

Wawan meminta agar penderita TBC benar-benar mengikuti imbauan dokter. Selain rutin meminum obat, juga menjaga pola dalam bersosialisasi. Sebab bakteri TBC bisa menular melalui droplet infenction. "Kebanyakan pasien TBC yang meninggal karena lalai mengkonsumsi obat," tandasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO