Minggu, 15 Desember 2019 00:59

Syekh Rasyid Beberkan Tips Bisa Hafal Alquran di Usia 8 Tahun

Senin, 22 Juli 2019 00:53 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Syekh Rasyid Beberkan Tips Bisa Hafal Alquran di Usia 8 Tahun
Syekh Rasyid jadi narasumber dalam Talkshow bertajuk "Orang Tuaku Bangga, Karena Aku Hafidz Al-Qur'an".

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Syekh Rasyid, bocah cilik penghafal Alqur'an berbagi tips agar bisa menghafal Alquran yang berjumlah 6666 ayat dalam 30 juz. Pengalaman itu diberikan Rasyid kepada ratusan warga Sidoarjo di Fave Hotel Sidoarjo dalam Talkshow bertajuk "Orang Tuaku Bangga, Karena Aku Hafidz Al-Qur'an,".

Menurut Rasyid, yang menjadi dasar untuk mengamalkan dan menghafal Al-Qur'an adalah sikap istiqamah. Hal ini tentunya tidak mudah. Mengingat, kita sering diliputi rasa malas.

"Apalagi seusia saya (anak-anak), masih ingin bermain. Pasti sangat berat sekali untuk istiqamah. Jadi, harus benar-benar meluangkan waktu," ungkap Syekh Rasyid di Sidoarjo, Ahad (21/7)

Kedua, calon Tahfidzul Qur'an diharuskan sering sering mendengar dan membaca serta melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Hal itu diterapkan sendiri usai melaksanakan ibadah salat lima waktu.

"Habis shubuh, baca Quran, habis Dhuhur baca lagi, habis Ashar baca, begitu seterusnya. Ada kalanya kita juga mendengarkan, kemudian dilafalkan. Minimal, sehari lima juz baca Al-Qur'an," katanya.

Diakui, waktu yang paling berat membaca Al-Quran di saat waktu shubuh. Karena pada jam-jam seperti itu sering diliputi rasa kantuk yang luar biasa. Namun, pantangan itu bisa dilalui dari kebiasaan.

"Bahkan, kadang sewaktu melafalkan ayat tiba-tiba tertidur. Saking capeknya mungkin. Dibangunin lagi, ambil wudhu dan baca lagi. Terus begitu," jelasnya.

Keluarga tak menyangka di usianya yang masih terbilang anak-anak, Syekh Rasyid mampu menghafal Alquran pada usia delapan tahun secara otodidak. Bahkan selain bisa hafal Al-Qur'an, Syekh Rasyid juga mahir membaca kitab kuning.

"Saya sendiri sampai heran. Padahal orang tuanya bukan seorang penghafal Qur'an," ucap Ibunda Syekh Rasyid, Yulia Sofiani.

Sebagai orang tua, ia hanya mampu mendukung keinginan anaknya. Bahkan dalam waktu dekat, Syekh Rasyid akan kembali belajar di salah satu pondok di Jawa Timur. Hal itu sengaja dilakukan untuk mendalami ilmu agama.

"Insya Allah dalam waktu dekat," tandasnya.

Di penghujung Talkshow bersama Syekh Rasyid, ia diminta untuk memberikan penghargaan bagi enam siswa Nurul Fikri yang sudah bertekad bulat dan berjuang menghafal Al-Qur'an. Keenam siswa tersebut saat ini sudah menghafal kisaran tujuh hingga delapan juz Al-Qur'an. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...