Syekh Rasyid Beberkan Tips Bisa Hafal Alquran di Usia 8 Tahun

Syekh Rasyid Beberkan Tips Bisa Hafal Alquran di Usia 8 Tahun Syekh Rasyid jadi narasumber dalam Talkshow bertajuk "Orang Tuaku Bangga, Karena Aku Hafidz Al-Qur'an".

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Syekh Rasyid, bocah cilik penghafal Alqur'an berbagi tips agar bisa menghafal Alquran yang berjumlah 6666 ayat dalam 30 juz. Pengalaman itu diberikan Rasyid kepada ratusan warga Sidoarjo di Fave Hotel Sidoarjo dalam Talkshow bertajuk "Orang Tuaku Bangga, Karena Aku Al-Qur'an,".

Menurut Rasyid, yang menjadi dasar untuk mengamalkan dan menghafal Al-Qur'an adalah sikap istiqamah. Hal ini tentunya tidak mudah. Mengingat, kita sering diliputi rasa malas.

"Apalagi seusia saya (anak-anak), masih ingin bermain. Pasti sangat berat sekali untuk istiqamah. Jadi, harus benar-benar meluangkan waktu," ungkap Syekh Rasyid di Sidoarjo, Ahad (21/7)

Kedua, calon Tahfidzul Qur'an diharuskan sering sering mendengar dan membaca serta melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Hal itu diterapkan sendiri usai melaksanakan ibadah salat lima waktu.

"Habis shubuh, baca Quran, habis Dhuhur baca lagi, habis Ashar baca, begitu seterusnya. Ada kalanya kita juga mendengarkan, kemudian dilafalkan. Minimal, sehari lima juz baca Al-Qur'an," katanya.

Diakui, waktu yang paling berat membaca Al-Quran di saat waktu shubuh. Karena pada jam-jam seperti itu sering diliputi rasa kantuk yang luar biasa. Namun, pantangan itu bisa dilalui dari kebiasaan.

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO