Pemkab Gresik Raih Penghargaan Nasional Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Pemkab Gresik Raih Penghargaan Nasional Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 Bupati Sambari menerima penghargaan Nasional Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Menpan-RB RI Drs. Syafruddin, M.Si.

GRESIK, BANGSAONLINE.com kembali menorehkan prestasi dari inovasi yang berhasil diciptakan. Inovasi tersebut bertitel Gerebek Pasar Legi, yakni mencari penderita hipertensi bersama tukang parkir dan tukang karcis Pasar Legi oleh Pusat Kesehatan masyarakat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik.

Inovasi tersebut yang mengantar Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memperoleh penghargaan Nasional Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Penghargaan diterima Bupati Sambari dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Drs. Syafruddin, M.Si di Hotel Gumaya Tower Semarang Jawa Tengah pada Kamis (18/7) malam. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo turut menyaksikan Penerimaan Penghargaan tersebut.

Bupati yang didampingi oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik yang telah banyak mendukung Pemerintah Kabupaten Gresik. "Atas dukungan tersebut kami selalu bersemangat untuk berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru yang semuanya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Saya juga sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Gresik, khususnya yang ada di bawah yang selalu bersemangat untuk memberikan pelayanan dengan inovasi yang baru," katanya.

Sesuai Pidato Menpan-RB yang disampaikan Bupati, ke depan seluruh Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota harus bisa menghasilkan minimal satu inovasi yang disampaikan ke Kemenpan-RB.

"Kami di juga berharap setiap OPD dan pejabat harus menciptakan inovasi baru dan menuliskan inovasi tersebut dalam sebuah proporsal," terang Bupati usai menerima penghargaan tersebut.

Gerebek Pasar Legi merupakan kegiatan inovasi dari Puskesmas Bungah yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan deteksi dini hipertensi serta beberapa penyakit yang lain yang dilakukan oleh Pelaksana Program Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas di Kecamatan Bungah.

Inovasi ini memanfaatkan mitra kerja yang ada di masyarakat. Ada 5 PTM yang masuk cakupannya, yang utama adalah darah tinggi (hipertensi), kemudian gula darah (diabetes melitus), rhematik, sakit gigi, dan sesak napas (asma). Lima penyakit tersebut yang mendapat layanan untuk ditindaklanjuti di Posko Pasar legi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO