Rabu, 03 Juni 2020 23:03

Terpilih Aklamasi, Ketua ISNU Situbondo Janji Rangkul Ilmuwan NU yang Terserak

Sabtu, 20 Juli 2019 19:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mursidi
Terpilih Aklamasi, Ketua ISNU Situbondo Janji Rangkul Ilmuwan NU yang Terserak
Ketua terpilih Fathol Bari (tengah) bersama Pengurus Wilayah ISNU Jatim. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ikatan Sarjana Nahdhatul Ulama (ISNU) Cabang Situbondo menggelar konferensi cabang (Konfercab) ke-I di aula lantai II kantor Cabang NU Situbondo, Jalan Madura Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Sabtu (20/7).

Dalam konfercab tersebut, Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Situbondo Fathol Bari terpilih menjadi ketua secara aklamasi.

Pantauan di lapangan, Pengurus Wilayah ISNU Jawa Timur memimpin langsung jalannya pembacaan tata tertib sidang konferensi dan tata tertib pemilihan. Ada tiga calon yang menyeruak ke permukaan, Fathol Bari mewakili wilayah Timur, Ismail Ali Yasin mewakili wilayah tengah, dan Muzammil Damanhuri mewakili wilayah Barat.

Di tengah perjalanan, Ismail Ali Yasin yang diusung wilayah tengah mendadak menyatakan mengundurkan diri dari pencalonannya. Ia menyatakan mundur dengan alasan ingin memberikan kesempatan kepada calon dari sarjana-sarjana muda NU untuk memegang pucuk pimpinan di organisasi para ilmuwan NU tersebut.

Saat sidang pemilihan dimulai, pimpinan sidang membuka dua opsi. Opsi pertama melalui pemilihan dengan cara musyawarah mufakat, sedangkan opsi yang kedua melalui voting. Mayoritas peserta sidang menginginkan opsi pertama yang diambil, namun ada juga sebagian peserta yang menginginkan pimpinan sidang memutuskan opsi kedua.

Mengetahui suara peserta tidak bulat dalam menentukan opsi mana yang akan disepakati, akhirnya pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada peserta bermusyawarah selama 5 menit untuk menentukan opsi mana yang akan disepakati. Lima menit berlalu, sidang kembali dilanjutkan. Peserta sepakat pemilihan ketua dilakukan dengan cara musyawarah mufakat.

Karena pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat, pimpinan sidang pun bertanya kepada peserta sidang, siapa sosok calon yang akan disepakati oleh peserta sidang. Sontak seluruh peserta sidang menjawab memberikan amanat kepada Fathol Bari, advokat muda yang sedang naik daun untuk memimpin ISNU Situbondo.

Saat diberi kesempatan menyampaikan orasinya sebagai ketua terpilih, Fathol Bari menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh peserta dari 17 Kecamatan yang telah memberikan amanah kepadanya untuk memimpin ISNU Situbondo empat tahun ke depan. Ia berjanji akan menyatukan tulang-tulang NU yang terserak.

"Nanti akan kita rangkul para sarjana-sarjana berkualitas NU yang tidak terakomodir dalam struktural NU maupun badan otonom lainnya, karena saya melihat masih cukup banyak kader NU yang berkualitas dan mempunyai posisi cukup penting belum diakomudir di situ," kata Fathol Bari.

Selain itu, lulusan Unmer Malang ini meyampaikan, sebagai organisasi kaum intelektual atau para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu, pihaknya akan membawa ISNU Situbondo kepada organisasi modern dan terarah seperti yang telah diagendakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdhatul Ulama.

"Nanti kita fungsikan ISNU sebagai laboratorium NU, membantu NU dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sekaligus menyiapkan generasi NU yang lebih berbobot, bemoral, religius, dan mumpuni disegala bidang disiplin keilmuan," pungkas Fathol Bari. (mur/had/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...