Sabtu, 24 Agustus 2019 10:34

Serius Cari Bibit Atlet, Pemkot Surabaya Komitmen Gelar Lomba Dayung Perahu Naga Tiap Tahun

Jumat, 19 Juli 2019 21:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Serius Cari Bibit Atlet, Pemkot Surabaya Komitmen Gelar Lomba Dayung Perahu Naga Tiap Tahun
Para atlet dayung saat berlaga di ajang lomba dayung perahu naga tahun lalu. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surabaya kembali menggelar lomba Dayung Perahu Naga Fun and Game pada Sabtu dan Minggu, 20 - 21 Juli 2019. Ajang ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai bentuk komitmen Pemkot Surabaya dalam upaya mencari bibit atlet dayung atau olahraga air.

Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Dispora Surabaya, Arief Setia Purwanto mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan selama dua hari di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya, atau tepatnya di Kali Mas.

"Acara akan dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga selesai. Lomba kali ini diikuti sebanyak 300 hingga 400 peserta pria dan wanita yang terdiri dari 30 tim,” kata Arief, Jumat (19/07/2019).

Ia menjelaskan, para peserta itu berasal dari para pelajar, mahasiswa, anggota TNI dan Polri. Menurutnya, lomba dayung ini akan berlangsung seru. Sebab, peserta akan bertanding adu cepat di atas air dengan panjang lintasan lomba sekitar 200 meter.

“Hari pertama akan diambil 10 tim tercepat dan kemudian pada Minggu akan dilangsungkan final,” katanya.

Arief menambahkan diselenggarakannya perahu naga fun and game bertujuan sebagai ajang silaturahim antar pecinta olahraga air seperti dayung. Selain itu, untuk menanamkan rasa kepeduliaan masyarakat terhadap Sungai Kalimas, dan pastinya untuk menarik minat wisatawan datang ke Surabaya.

“Melalui acara ini, kami juga ingin menegaskan ke masyarakat bahwa Sungai Kalimas selain dapat digunakan wisata air, juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air,” tuturnya.

Ia berharap melalui cara ini mampu memunculkan atlet-atlet muda dari Surabaya yang nantinya menorehkan prestasi, baik di level regional maupun internasional. Tak hanya itu, acara ini juga diharap mampu menjauhkan anak-anak muda dari kenakalan remaja seperti narkoba.

“Nantinya para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan uang pembinaan dengan total hadiah mencapai Rp 51 juta,” pungkasnya.

Di samping itu, Pemkot Surabaya juga memastikan bahwa ajang lomba dayung ini ke depannya akan terus digelar, sebagai upaya pencarian bibit atlet olahraga air. Apalagi, selama ini atlet-atlet dayung Surabaya banyak menorehkan prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional. (ian/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...