Bentuk Sinergitas, Polres Pacitan Rayakan HUT Bhayangkara ke-73 di Koramil Kota

Bentuk Sinergitas, Polres Pacitan Rayakan HUT Bhayangkara ke-73 di Koramil Kota Suasana HUT Bhayangkara ke 73 di Koramil Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Puncak peringatan HUT Bhayangkara ke 73 tahun ini digelar cukup eksklusif. Pasalnya, perayaan itu digelar di Koramil Pacitan dengan mengambil tema, "Dengan semangat promoter pengabdian Polri untuk Masyarakat bangsa dan negara".

Dalam sambutannya, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan personil Polri. Utamanya dalam memelihara kamtibmas, penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

"Lakukan pemberantasan terhadap setiap bentuk kejahatan dan tindak kriminalitas secara tegas, profesional, legitimate dan tidak diskriminatif guna memberikan rasa aman kepada masyarakat," ujar Kapolres Pacitan membacakan pidato Kapolri, Rabu (17/7).

Menurut AKBP Sugandi, polisi dalam pelaksanaan tugas kepolisian senantiasa meningkatkan kualitas SDM guna menghadapi berbagai tantangan dan tugas yang semakin kompleks. Tidak hanya itu, penguatan SDM di tubuh kepolisian juga dalam rangka untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis, dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Presiden juga meminta agar senantiasa meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum demi mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan," tutur perwira polisi dengan dua melati di pundak ini.

Selain itu, polisi diharapkan juga lebih memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri. "Kepolisian saat ini memiliki anggota 446.873 personel yang tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 kabupaten/kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 kecamatan. Bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya kepolisian menjadi pilar keutuhan NKRI," jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0801 Pacitan Letkol (Kav) Aristoteles Hengkeng Nusalawitang menegaskan kalau sinergitas TNI-Polri selama ini sudah cukup baik. Karena itu, ia mengajak untuk lebih meningkatkan kerja sama untuk mengemban tugas ke depan.

"Dengan sinergitas TNI-Polri yang sudah dilaksanakan akan mampu mengawal proses demokrasi. Ke depan banyak tugas yang sudah menanti antara lain Pilkades, Pilbup. Diharapkan TNI-Polri bisa mengawal proses demokrasi dengan baik," harap Dandim Pacitan.

Puncak perayaan HUT Bhayangkara saat itu ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pemberian kue dari kapolres kepada anggota termuda dan tertua. Selain itu juga dilanjutkan pemberian cinderamata oleh Kapolres dan Bupati Pacitan. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO