Lantik Satkorcab Banser Situbondo, Yogi Tekankan Empat Karakter

Lantik Satkorcab Banser Situbondo, Yogi Tekankan Empat Karakter Ketua Ansor Situbondo Yogi Kripsian Sah saat melantik Satkorcab Banser Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda , Yogi Kripsian Sah melantik Satuan Kordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Situbondo di Gedung Serbaguna Situbondo, Ahad (14/7).

Dalam sambutannya, Ketua Yogi Kripsian Sah menyampaikan bahwa momentum pelantikan tersebut merupakan hari bersejarah, karena Banser telah mengikrarkan dirinya untuk menjaga ajaran Ahlussunnah Waljamaah di Indonesia.

"Tadi sahabat-sahabat banser telah berikrar menjadi benteng ulama, menjaga ajaran aswaja annahdliyah, setia kepada pancasila dan terus berkomitmen menjaga negara kesatuan republik indonesia," katanya

Untuk itu, Yogi mengingatkan kepada Banser agar mempunyai empat karakter. Pertama adalah karakter kepemudaan, di mana karakter kepemudaan itu harus dimiliki agar Banser di Situbondo terus bergerak kapan pun dan di mana pun.

"Apalagi ada perintah dari para masyaikh dan kiai, maka Banser itu harus cepat berdiri dan bergerak menjalankan perintah," ujar Yogi.

Kedua, lanjut Yogi, Banser harus punya karakter keislaman, yaitu mampu menunjukkan nilai-nilai yang diajarkan oleh para masyaikh NU, islam yang rahmatan lil alamin, santri yang berakhlakul karimah. Semua itu harus ditunjukkan, terutama dalam menjalankan dakwah-dakwah keislamannya kepada masyarakat.

"Yang ketiga karakter kebangsaan. Jadi bagi Banser Indonesia NKRI harga mati, itu bukan hanya menjadi semboyan, tapi harus dirawat, dijaga. Karena para muassis NU telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk mempertahankan NKRI," ucapnya.

Kemudian yang terakhir adalah karakter kerakyatan. Artinya, Banser harus hadir ketika masyarakat membutuhkan, mampu memberikan pencerahan bahwa hadirnya banser di masyarakat memang benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Empat karakter itu harus dipegang kuat, karena saat ini kita sedang mengalami goncangan yang sangat dahsyat, ada kelompok yang ingin mengganggu NKRI dan mengoyak ideologi," pungkas Yogi.

Pantauan di lapangan, pelantikan Satkorcab Banser Situbondo dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, mulai dari Forkopimda, Ulama, dan ribuan pasukan Banser se-Situbondo. Menariknya kandidat calon Ketua Pimpinan Wilayah Ansor (PW Ansor) Jatim Ghufron Siradj juga hadir. Hadirnya pria yang akrab disapa Gus Gopong ini mendapat tepuk tangan panjang dari kader Ansor dan Banser yang memenuhi Gedung Serbaguna. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO