Jumat, 18 Oktober 2019 02:07

Razia Balap Liar di Alun-alun Sidoarjo, Polisi Jaring 300 Motor

Senin, 15 Juli 2019 01:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Razia Balap Liar di Alun-alun Sidoarjo, Polisi Jaring 300 Motor
Para muda-mudi yang terjaring razia digiring ke Mapolresta Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satlantas Polresta Sidoarjo berhasil merazia Lebih dari 300 muda-mudi yang nongkrong untuk ikut atau sekadar menonton balap liar, Ahad (14/7) dini hari. Razia itu dilakukan di Jalan Raya Jenggala. Mereka kemudian diminta menuntun kendaraannya ke Mapolresta Sidoarjo.

Mereka adalah hasil tangkapan operasi balap liar besar-besaran yang digelar Satlantas Polresta Sidoarjo. Sebanyak 142 motor bodong pun terpakasa disita polisi lantaran bermasalah dalam administrasinya.

Operasi itu dilakukan sekitar pukul 01.30. Dengan mengendarai 3 unit mobil dan beberapa motor patroli, petugas meluncur dari Polresta Sidoarjo. Setibanya di Jalan Jenggala, lampu rotator dan sirine polisi langsung dinyalakan untuk mengobrak para penonton dan pelaku balap liar yang sudah mangkal di jalan yang tak jauh dari Alun-alun Sidoarjo itu.

Mereka pun langsung semburat melarikan diri dari kejaran polisi. Untuk mencegah pelaku banyak yang kabur, satu unit mobil patroli polisi juga sempat menghadang melawan arus di Jalan raya tenggala dari arah Selatan ke Utara. Namun para pelaku balap motor yang didominasi anak muda itu juga tak menyerah begitu saja. Mereka tetap berusaha nekat menerobos kepungan polisi.

Tak tanggung-tanggung, polisi terpaksa memberhentikan dengan cara paksa. Pemotor yang kabur langsung dihadang dari depan dan dijatuhkan petugas. Nampak tidak sedikit para pemotor yang terjungkal ke jalan raya.

Upaya malam itu cukup membuahkan hasil. Lebih dari 300 motor berhasil diberhentikan. Mereka langsung diminta mendorong motornya ke halaman Polresta Sidoarjo untuk proses lebih lanjut.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar mengungkapkan, keberhasilan operasi malam itu juga didukung sejumlah persiapan yang dilakukan polisi sebelum beraksi. “Hampir lebih dua bulan kita melakukan operasi. Kita tahu jalan-jalan mana saja yang biasa digunakan untuk lari. Jalan-jalan itu sudah kita tutup sebelumnya,” terangnya.

Mantan Kasi STNK Subdit Regident Polda Jatim itu juga menyebutkan, operasi balap liar dengan personel yang cukup besar itu dilaksanakan sebagai bentuk respons pengaduan dari masyarakat. Baik pengguna jalan maupun warga sekitar panyak yang merasa resah kehadiran balap liar itu.

“Kita tanggapi, sehingga bisa menjadi shock therapy kepada pembalap yang tidak kena sial (tertangkap.red) malam ini agar tidak mengulang,” tegasnya.

Untuk tindak lanjutnya, polisi akan memberikan surat tilang kepada para pengendara yang terjarin razia. Selain itu motor juga akan diperiksa terkait kelengkapan administrasi dan spare part yang digunakannya. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...