H-2 Jelang Kedatangan Jemaah Haji, KKP Gelar Fogging

H-2 Jelang Kedatangan Jemaah Haji, KKP Gelar Fogging Petugas KKP Surabaya saat melakukan fogging di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Rabu (3/7) pagi. foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya melakukan fogging di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Rabu (3/7). Hal itu dilakukan menjelang dua hari kedatangan jemaah kloter pertama pada Jumat (5/7) lusa.

Petugas KKP melakukan pengasapan (fogging) pada seluruh ruangan yang akan ditempati calon jemaah di AHES, serta selokan yang ada embarkasi.

Kepala Seksi Sanitasi dan Dampak Resiko Lingkungan Kantor Kesehatan Pelabuhan Surabaya Bangun Cahyo Utomo menjelaskan, pengasapan ini dilakukan agar asrama terbebas dari vektor nyamuk.

"Langkah yang dilakukan ini adalah dengan menyemprotkan anti serangga ULV (ultra low volume) dan fogging atau pengasapan," jelasnya.

Bangun menuturkan, fogging dilakukan di setiap sudut ruangan mulai dari kamar yang akan ditempati JCH, kamar mandi, tempat kesehatan, selokan, tong sampah hingga dapur umum. Sedangkan penyemprotan ULV lebih banyak dilakukan di luar ruangan.

"Kita lakukan fogging di embarkasi untuk mencegah penyakit tular vektor baik itu sebelum jemaah masuk embarkasi, masa embarkasi maupun sebelum pemulangan," tuturnya.

Kloter pertama asal Magetan akan memasuki Embarkasi Surabaya pada Jumat (5/7) lusa pukul 07.00 WIB. Rencananya, kloter pertama akan diterbangkan ke tanah suci pada keesokan harinya, Sabtu (6/7) pukul 03.00 WIB. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO