Sabtu, 24 Agustus 2019 10:36

​Upaya Pengentasan Kemiskinan Warga Sekitar, PT SI Bangun Rumah Layak Huni

Rabu, 03 Juli 2019 19:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Upaya Pengentasan Kemiskinan Warga Sekitar, PT SI Bangun Rumah Layak Huni
Penyerahan secara simbolis bantuan pembangunan rumah layak huni oleh Semen Indonesia.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Semen Indonesia (Persero) Tbk, terus berkomitmen mengentaskan kemiskinan di wilayah operasional perusahaan. Salah satu sumbangsih perusahaan yakni dengan cara membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat sekitar.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), dalam setahun ini perusahaan telah membangun RTLH sebanyak 7 unit rumah yang berada di wilayah operasional perusahaan di Kabupaten Tuban.

“Sebanyak 5 unit pembangunan RTLH sudah selesai dan diserahterimakan kepada warga penerima, berikutnya akan menyusul tambahan 2 unit lagi yang saat ini masih dalam tahap survey lokasi,” terang Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia Pabrik Tuban, Setiawan Prasetyo, Rabu (3/7).

Terlepas dari program CSR, masih ada 8 unit lagi yang berasal dari sumbangsih zakat, infaq dan shodaqah seluruh Karyawan Semen Indonesia di Tuban melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia.

"Sehingga total tahun ini Semen Indonesia membangun RTLH sebanyak 15 unit. Total anggaran mencapai Rp 675 juta,” ungkapnya.

Lebih lanjut Setiawan Prasetyo mengatakan, dengan diberikannya bantuan rehap rumah tersebut perusahaan berharap masyarakat dapat lebih nyaman menempati tempat tinggalnya. Sehingga, dapat menjalani kehidupan lebih baik karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok.

“Rumah yang kita bangun ini awalnya merupakan usulan dari pihak desa, kemudian kita verifikasi rumah tersebut layak tidaknya mendapatkan bantuan. Dan kita menentukan skala prioritas yang dibangun terlebih dahulu,” tandasnya.

Sebelum menerima ada beberapa kriteria harus dipenuhi penerima antara lain kondisi rumah, pekerjaan kepala rumah tangga, jumlah tanggungan, dan beberapa faktor lainnya.

“Program pembangunan RTLH ini sudah kita lakukan dari beberapa tahun yang lalu jumlah penerimanya juga sudah banyak. Dan program ini akan terus kita lakukan,” ungkapnya.

Salah satu penerima program, Warsini (41) warga Desa Pompongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban mengucapkan banyak terima kasih kepada Semen Indonesia yang telah membangunkan rumahnya. Rumah yang ditempatinya dulu hanya berdindingkan dari bahan anyaman bambu kini sudah menjadi tembok. Di samping itu juga lebih nyaman untuk ditempati.

“Sekarang saya dengan dua anak saya tidak takut lagi terjadi kebocoran saat musim hujan,” pungkas wanita yang bermata pecaharian buruh tani tersebut.

Sekadar informasi, UPZ Semen Indonesia Group Tuban merupakan lembaga yang menangani Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) karyawan Semen Indonesia Pabrik Tuban. Pada tahun 2019 ini dana zakat karyawan yang terkumpul sebanyak Rp. 1,6 miliar. (gun/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...