Usai Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga Plalangan Keracunan

Usai Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga Plalangan Keracunan Pasien keracunan yang mendapatkan perawatan di Puskesmas. foto: NOVIAN CATUR/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Usai menyantap makanan saat hajatan, puluhan warga dukuh Krajan II RT 04/ RW 01 Desa Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mengalami keracunan, Kamis (21/06) pukul 19.00 WIB.

Dokter Desi Restianawati dari Puskesmas Jenangan mengatakan, mulanya pihaknya mendapatkan informasi dari Puskesmas Setono, ada beberapa pasien yang datang ke Puskesmas Setono dengan keluhan yang sama, diare, pusing, dan muntah. Setelah ditelusur, sebelumnya pasien tersebut baru saja mengikuti acara hajatan.

“Ini tadi Jumat (21/06/2019) habis Magrib dapat informasi banyak pasien yang datang dengan keluhan yang sama, datang ke Puskesmas Jenangan,” ujar dia.

Ia juga menambahkan, ada puluhan pasiean yang datang di Puskesmas Jenangan. Ada 8 orang sampai 10 pasien yang rawat inap. Sedang pasien yang rawat jalan akan terus diawasi.

"Dugaan sementara, bumbu yang dipakai (kemasan) untuk masak sudah lama (kedaluwarsa), karena bumbu tersebut sudah terbuka, sisa bumbu yang pernah dipakai,” tambah dia.

“Saat ini semua pasien yang muntah dan diare sudah kami terapi. Semua pasien sudah terkendali, sedang paisen yang tidak lemas kita pulangkan. Total pasien yang periksa ada 23 orang,” imbuh dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO