Rabu, 24 Juli 2019 04:24

Lanjutkan Proyek Alun-alun Surabaya, Separuh Jalan Yos Sudarso Ditutup

Selasa, 18 Juni 2019 21:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Lanjutkan Proyek Alun-alun Surabaya, Separuh Jalan Yos Sudarso Ditutup
Humas Pemkot Surabaya saat menggelar jumpa pers kelanjutan proyek Alun-alun Surabaya yang ada di sisi Jalan Yos Sudarso. foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melakukan penutupan separuh Jalan Yos Sudarso. Hal ini dilakukan dalam rangka melanjutkan proyek Alun-alun Surabaya yang ada di sisi Jalan Yos Sudarso. Pengerjaan basement yang tepat di bawah Jalan Yos Sudarso itu akan dimulai dengan pelaksanaan pile integrity test (PIT).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Chalid Buhari mengatakan, tes PIT ini penting karena untuk mengetahui letak dan kedalaman infrastruktur dan jaringan bawah tanah yang ada di Jalan Yos Sudarso.

"Misalnya, kabel fiber optik, pipa PDAM, ataupun utilitas kecil lainnya. Pengerjaan PIT ini akan dimulai dari tanggal 20-24 Juni 2019. Selama dua hari, akan mengerjakan di sisi barat dan dua hari kemudian mengerjakan di sisi timurnya,” kata Chalid saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (18/6).

Ia memastikan bahwa Jalan Yos Sudarso ini tidak langsung ditutup total, tapi hanya ditutup separuh jalan. Artinya, jika sedang melakukan PIT di sisi barat, maka yang akan ditutup di sisi barat saja dan sisi timurnya dua lajur bisa dilalui seperti biasa.

"Begitu juga sebaliknya, jika sedang melakukan PIT di sisi timur, maka berarti di sisi timur saja yang ditutup dan di sisi barat boleh dilalui seperti biasanya," ucapnya.

“Jadi, rencana galian tes PIT ini dua tahap. Kira-kira nanti penggaliannya memiliki panjang 11 meter, lebar kurang lebih 1 meter dan kedalaman kira-kira 2 meter,” sambungnya.

Setelah tes PIT ini dilakukan dan sudah diketahui utilitas yang ada di bawah Jalan Yos Sudarso, maka proses selanjutnya adalah pembangunan basementnya. Rencananya, proyek basement di sisi Jalan Yos Sudarso ini akan dilakukan satu bulan kemudian, yakni Bulan Juli 2019 dan ditargetkan selesai Bulan Desember 2019.

“Nah, selama pengerjaan basement ini, kami akan tutup total Jalan Yos Sudarso dan kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Surabaya serta pihak kepolisian untuk menyiapkan rekayasa arus lalu lintasnya,” tegasnya.

Ia juga memastikan bahwa pengerjaan basement di sisi Jalan Yos Sudarso ini tidak “menyentuh” persil Jalan Pemuda 17 yang ada di seberang Balai Pemuda. Sebab, persil itu masih sengketa hingga saat ini. Bahkan, kini Pemkot Surabaya telah menempuh jalur hukum di tingkat Kasasi.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya Iman Kristian memastikan Alun-Alun Suroboyo ini memiliki luas total 14.620 meter persegi atau sekitar 1,46 hektar. Di lantai pertama ini, akan menjadi sebuah plaza mewah bawah tanah dan juga bisa dijadikan tempat nongkrong oleh warga Surabaya.

Sedangkan di lantai dua, akan dibangun tempat parkir yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi. Tempat parkir ini akan mampu menampung 120 mobil dan 125 sepeda motor.

“Jadi, total keseluruhan 1,46 hektar. Luas itu meliputi ruang publik yang ada di kawasan balai pemuda, bawah tanah Jalan Yos Sudarso hingga persil Pemuda 17 yang mencapai 8.570 meter persegi, dan ditambah lagi dengan luas ruang parkir bawah tanah yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi,” kata Iman.

Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya bersama Satlantas Polrestabes Surabaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama berjalannya pengerjaan proyek tersebut. Selain itu, para petugas juga akan disiagakan untuk membantu mengatur kelancaran arus lalu lintas di kawasan itu.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalin Dishub Surabaya, Beta Ramadhani menyampaikan, selama pengerjaan tes PIT empat hari, akan dilakukan penutupan separuh Jalan Yos Sudarso. Pada pengerjaan tes PIT sisi barat, maka Jalan Yos Sudarso hanya dibuka dua lajur di sisi timur dan sebaliknya.

“Penutupan separuh jalan akan dimulai pada pukul 20.00 WIB, Kamis (20/6/2019) di sisi barat. Selanjutnya pada hari Sabtu, (22/6/2019) sisi sebelah timur Jalan Yos Sudarso akan ditutup separuh, untuk pengerjaan di sisi barat,” kata dia. (ian/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...