Kamis, 13 Agustus 2020 12:02

Dikunjungi Kemenlu RI, Pemkab Blitar Paparkan Potensi Investasi

Sabtu, 15 Juni 2019 23:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Dikunjungi Kemenlu RI, Pemkab Blitar Paparkan Potensi Investasi
Bupati Blitar Rijanto memberikan cinderamata kepada Sekretaris Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu, Rossy Verona.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar mendapat kesempatan memaparkan potensi investasi kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Sabtu (15/06/2019) malam di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN).

Kesempatan itu didapat usai pihak Kemenlu RI mengunjungi wisata kampung coklat yang berada di Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, sebagai tindak lanjut atas kerja sama wisata tersebut dengan negara Kamboja. Selain itu, pada kesempatan kunjungan tersebut, rombongan Kemenlu RI mengunjungi sejumlah wisata di Blitar yang memiliki potensi investasi.

Pemaparan yang dihadiri Kepala OPD terkait seperti Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Kepala Disparbudpora, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Bapenda, serta perwakilan pengusaha yang ada di Blitar itu dikemas dengan diskusi bersama.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, M.M, berharap adanya kegiatan seperti ini bisa semakin memajukan Kabupaten Blitar. Menurut Bupati, kedatangan pihak Kemenlu sudah kedua kalinya. Hal ini menunjukkan bahwa ada tindak lanjut dari Kemenlu RI.

"Semoga diskusi kita kali ini bisa menghasilkan kerja sama yang baik. Sehingga bisa semakin memajukan Kabupaten Blitar setta Indonesia," ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menjelaskan, banyak potensi investasi yang ada di Kabupaten Blitar. Di antaranya Kabupaten Blitar merupakan penghasil ikan koi terbaik untuk indonesia. Menurutnya, koi Kabupaten Blitar sangat diminati oleh masyarakat di kota besar, seperti Jakarta, Semarang, Kalimantan, Bali, NTT, Sumatera, dan sejumlah daerah lainya.

"Selain kota besar yang ada di Indonesia, koi produk kota ini juga sudah diminati oleh negara tetangga, seperti Singapore, Malaysia, serta negera di Timur Tengah, yakni Dubai. Makanya kita mohon Kemenlu RI bisa memudahkan bisa promosi kita di sana," paparnya.

Selain itu, lanjut Bupati, produksi coklat Kabupaten Blitar tidak kalah dengan coklat asal negara Swis. Coklat yang dihasilkan oleh kampung coklat sangat diminati masyarakat. Terbukti pengunjung di wisata kampung coklat sangat luar biasa. Bahkan saat hari libur pengunjungnya mencapai 10 ribu orang.

"Beberapa kali, pengunjung juga berasal dari luar negeri, yakni Malaysia dan Singapore. Ini berarti cokelat ini sudah go internasional. Nah apalagi kalau nanti dibantu Kemenlu, maka bisa kersama dengan luar negeri," tandasnya.

Bupati menambahkan, potensi lain di Kabupaten Blitar ada produksi telur yang per harinya mampu menghasilkan 450 ton. Kemudian tananman kopi, di mana di Kabupaten Blitar mempunyai beberapa kebun kopi.

"Ada juga sapi perah ada yang dikelola maayarakat dan koperasi. Kebetulan dengan adanya pelayanan yang baik, ada investor yang dikelola greenfield. Ke depan harapan kita bisa terus meningkatkan kerja dalam membangun daerah, terutama kerja sama dengan luar negeri," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Rossy Verona mengatakan, program yang dimiliki Pemkab Blitar sejalan dengan program Kemenlu RI. Sehingga pihaknya berkunjung ke Kabupaten Blitar dalam rangka sinergi dan memajukan bersama.

"Dalam sinergi ini kita punya dua tugas, yakni mempromosikan, dan menjembatani. Jadi dalam membangun sinergi kedepan tidak berhenti disini. Kita siap memfasilitasi potensi yang ada di Kabupaten Blitar untuk go internasional," tutupnya. (adv/humas)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...