Minggu, 19 Januari 2020 00:37

Tafsir Al-Isra' 52: Beri Nama Anakmu Dengan Nama yang Baik

Sabtu, 08 Juni 2019 18:41 WIB
Editor: Redaksi
Tafsir Al-Isra
Ilustrasi

Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag

52. Yawma yad’uukum fatastajiibuuna bihamdihi watazhunnuuna in labitstum illaa qaliilaan

Yaitu pada hari (ketika) Dia memanggil kamu, dan kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya dan kamu mengira, (rasanya) hanya sebentar saja kamu berdiam (di dalam kubur).


TAFSIR AKTUAL:

Ayat kaji ini bertutur soal hari kiamat, di mana umat manusia digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. Penggiringan itu ditandai dengan tiupan Sangkakala malaikat Israfil. Di situlah Tuhan menyeru mereka agar berkumpul, lalu mereka mamatuhi dan memuji kebesaran Allah. Semua mengakui bahwa Dia adalah Tuhan satu-satu-Nya, walau saat di dunia mereka mengingkari.

Setelah semua dibangkitkan, mereka diberi kesempatan tidur selama empat puluh tahun, lalu dibangunkan kembali dengan tiupan Sangkakala kedua. Wong kafir keberatan dan kecewa, lalu menyoal :"kok cuma sebentar" (watazhunnuuna in labitstum illaa qaliilaan). Duh, Siapa sih yang berisik ini sehingga mengganggu tidur kami. "Man ba'atsana min marqadina?". (Yasin:52).

Lalu, satu per satu di antara kita dipanggil sesuai nama masing-masing, lengkap dengan nama orang tuanya untuk dihisab dan diadili. Semua amal perbuatan dihitung dan dipertanggungjawabkan. Terkait pemanggilan ini, nabi Muhammad SAW menasehati, agar kita memberi nama anak dengan nama yang baik.

Memang, nama itu sekadar tanda. Bermakna atau tidak, fungsi tanda tetap efektif. Sah-sah saja memberi nama tanpa makna, hanya sekadar tren, keren, dan familiar diucapkan. Tapi akan lebih baik punya makna. Sebab, nama adalah doa. Dengan nama yang punya makna baik, terbayang kebaikan perilaku pemilik nama itu, sekaligus penyemangat.

Bagi umat Islam, nama tidak harus bahasa arab. Apalagi bila maknanya tidak bagus. Di negeri ini sering ada nama arab tapi artinya jelek. Seperti Muhammad Mutrafin. Muhammad-nya bagus, tapi Mutrafin? (penggede brengsek yang suka berfoya-foya). Ada nama, maunya bagus, tapi digaya-gayakan. Ada hotel bernama Qubra. Kira-kira, maunya Kubra (Royal). Tapi ditulis Qubra, artinya kuburan.

Nama Soeharto, harta yang baik. Soesilo, pekerti yang baik. Soekarno, pendengaran yang baik. Bejo, Waskito, Wicaksono, Joyo, Edi, dan lain-lain adalah nama-nama dalam bahasa Jawa dan bermakna bagus.

Nabi Muhammad SAW mengganti nama sahabat yang tidak bagus menjadi bagus menurut agama. Contoh paling populer adalah Abdu Syams (hamba dewa Matahari). Masuk islam, oleh Nabi diganti dengan Abdullah (hamba Allah). Karena sebagai orang pertama yang memeluk islam, maka berjuluk Abu Bakr. Karena keimanannya sangat toalitas, pokoknya percaya terhadap apa saja yang diajarkan nabi, maka diberi gelar al-Shiddiq. Jadinya, Abu Bakr al-Shiddiq.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...