Rabu, 19 Juni 2019 16:54

Kejaksaan Banyuwangi Buka Kembali Kasus PT PBS 3 Tahun Silam

Rabu, 22 Mei 2019 20:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ganda Siswanto
Kejaksaan Banyuwangi Buka Kembali Kasus PT PBS 3 Tahun Silam
Kasi Intel Bagus saat ditemui pelapor Ketua LSM Forum 5 Maret Soeroso (baju putih), di kantornya.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum 5, Maret Soeroso, S.E, dipanggil Kasi Intel Kejaksaan Banyuwangi, Rabu (22/5/2019). Hal itu terkait dengan laporan hukum penyalahgunaan wewenang jabatan di PT. Pelayaran Banyuwangi Sejati (PBS) yang dilakukan oleh beberapa pejabat Pemkab Banyuwangi. 

Laporan kasus hukum dari LSM Forum 5 Maret di kejaksaan pada tahun 2016 yang sempat terpendam selama 3 tahun ini akan dibuka untuk ditindaklanjuti kembali oleh pihak kejaksaan.

Kasi Intel Kejaksaan Bagus Adi Saputra mengatakan, pihaknya akan bergerak cepat untuk menyelesaikannya permasalahan kasus hukum yang sempat beku ini. Dikarenakan laporan ini juga disertai dengan alat bukti yang valid.

"Tidak ada niatan kami untuk 'mem-peti es-kan' kasus ini, laporan ini berlanjut. Pada hari Rabu depan akan kami adakan ekspos dengan beberapa jaksa dan pihak pelapor untuk memperdalam. Apakah ada ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menindak kasus di pidananya," katanya.

Sementara Soeroso mengapresiasi Kasi Intel Kejaksaan yang baru dua bulan menjabat di Banyuwangi ini yang langsung membuka file laporan yang lama terpendam yang hampir bertahun-tahun ini. 

"Kami laporkan sejak 14 Juni 2016. Laporan ini sudah terpendam selama tiga tahun. Selain itu, juga kami lengkapi dengan alat bukti yang lengkap berupa RUPS dan laporan keuangan," ungkapnya.

Menurutnya, jaksa tidak mungkin untuk menghentikan perkara ini ketika melihat barang bukti yang sudah cukup sebagaimana yang tertuang dalam PP nomor 71 tahun 2000 pasal 3 ayat 1.

"Yang berbunyi apabila alat bukti yang cukup dan sempurna untuk bisa dilanjutkan, wajib diteruskan. Dalam kasus hukum ini yang kami laporkan adalah direktur PT. PBS," tambahnya. (gda/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 12 Juni 2019 16:10 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah jalur lintas selatan Jogja dibuka, banyak pantai-pantai yang terbuka aksesnya untuk umum. Sebelumnya, keterbatasan akses membuat banyak pantai cantik ini nyaris tak terjamah oleh manusia. Namun sekarang banya...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Rabu, 19 Juni 2019 14:35 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat ...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...