​Gubernur Khofifah Cek Harga Sembako di Pasar Besar Madiun

​Gubernur Khofifah Cek Harga Sembako di Pasar Besar Madiun Gubernur Khofifah Indar Parawansa melakukan cek harga sembako di Pasar Besar Madiun Rabu (22/5). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus melakukan kesiapan guna menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Bentuk kesiapan tersebut dibuktikan dengan melakukan pengecekan dan pemantauan sejumlah harga Sembilan Bahan Pokok (Sembilan Bahan Pokok) di 38 kabupaten/kota di Jatim.

Di sela sela kunjumgan kerjanya ke Madiun, Gubernur Khofifah Indar Parawansa melakukan cek harga sembako di Pasar Besar Madiun Rabu (22/5) dan memastikan bahwa harga maupun stok yang dimiliki di Madiun aman hingga hari raya.

Ia mengatakan, bahwa Pasar Besar Madiun ini merupakan salah satu dari 25 titik pantau dari BPS yang ada di Jatim. Dari 25 pasar yang menjadi titik pantau BPS, pihaknya ingin memastikan melihat stok barang di sini aman. Salah satu indikasinya adalah stok untuk beras, gula, telur, minyak goreng, daging sapi, dan daging ayam aman. "Ini kalau menurut Perpres termasuk bahan pokok," ujarnya.

Setelah melakukan pantauan di sejumlah pedagang pasar, Khofifah menyatakan bahwa harga sejumlah bahan pokok mengalami penurunan. Kondisi itu bisa dilihat pada harga seperti telur kemudian daging dalam posisi harga stabil.

"Salah satu contoh, harga Daging ayam saat ini di Jatim mencapai Rp. 34.000, namun kalau di sini Rp. 30.000 - Rp. 32.000,-. ungkapnya.

Sama halnya dengan ketersediaan bawang putih yang sempat agak fenomenal menjelang puasa, hari ini sudah mulai normal dan harga bawang putih dan bawang merah rata-rata dijual Rp25.000/kg.

Ia mencontohkan, pada saat harga cabe rawit yang sempat jatuh, Pemprov Jatim meminta kepada bupati/walikota untuk melakukan aksi borong cabe rawit guna menstabilkan harga.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO