Siasat KMBJ untuk Donasi saat Ramadan, Berburu Pakaian dan Alat Rumah Tangga Bekas

Siasat KMBJ untuk Donasi saat Ramadan, Berburu Pakaian dan Alat Rumah Tangga Bekas Anggota KMBJ saat memilih pakaian di gerai Garage Sale.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mari Berbagai Jember (KMBJ) memiliki cara unik untuk mengumpulkan sejumlah uang dari donatur yang digunakan untuk kegiatan sosial. Tidak meminta sumbangan berupa uang seperti pada umumnya, namun KMBJ menyiasati dengan menerima donasi dalam bentuk pakaian bekas layak pakai, alat-alat rumah tangga bekas, ataupun aksesoris seperti sepatu dan boneka.

Selanjutnya, barang-barang hasil donasi itupun dijual dengan harga murah. Barulah hasil penjualannya dimanfaatkan untuk kegiatan sosial yang dibutuhkan.

“Awalnya kegiatan mengumpulkan pakaian dan benda-benda bekas layak pakai ini, dari kegiatan mengumpulkan donasi saat gempa di Palu, dulu itu,” kata Koordinator KMBJ Siti Diwyana Atmawati, Jumat (17/5).

"Saat itu yang terkumpul banyak adalah pakaian bekas layak pakai," kata wanita yang akrab dipanggil Wiwin ini. Akhirnya dirinya pun bersama anggota lainnya memutar otak untuk menyalurkan amanah tersebut.

“Kan tidak mungkin kita kirim semua ke Palu. Akhirnya muncul ide, bagaimana kalau dijual istilahnya Garage Sale (dijual obral), agar menjadi rupa uang dan kita transfer,” kata dia.

Dari ide tersebut, akhirnya baju bekas layak pakai tersebut dijual dengan harga terjangkau, dari kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO