Jumat, 18 Oktober 2019 02:07

Tekan Angka Laka Lantas, Petugas Gabungan Razia MPU dan Truk

Kamis, 16 Mei 2019 23:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Tekan Angka Laka Lantas, Petugas Gabungan Razia MPU dan Truk

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Petugas gabungan dari Polisi, Garnisun, dan Dishub Kabupaten Sidoarjo menggelar operasi gabungan di Jalan Raya Desa Ketapang Keres, Kecamatan Tanggulangin, Kamis (16/5). Sebanyak 42 kendaraan ditilang dalam operasi gabungan yang digelar mulai pukul 09.00 itu.

Selepas apel, petugas gabungan langsung membagi tugas untuk menjalankan kegiatan operasi. Berbagai jenis kendaraan roda empat yang melintas langsung diberhentikan petugas gabungan untuk dilakukan pemeriksaan.

“Sasaranya utamanya MPU (Mobil Penumpang Umum), truk, dan mobil box,” terang Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polresta Sidoarjo Ipda Heri Setyawan, Kamis (16/5).

Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK. Petugas juga memeriksa muatan dan masa berlaku buku KIR kendaraan yang terjaring operasi.

Dalam operasi itu, petugas juga terpaksa melakukan penindakan terhadap kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran kasat mata. Di antaranya pengendara yang tidak memakai helm, melawan arus, dan berboncengan tiga.

Hasilnya, 42 pengendara yang tidak memiliki kelengkapan administrasi terpaksa ditilang dalam operasi tersebut. Rinciannya 20 pengendara tidak membawa STNK, 15 pengendara tidak membawa SIM, dan 7 kendaraan roda empat ditilang karena KIR-nya mati.

Heri menambahkan, giat operasi gabungan tersebut sengaja dilakukan sebagai tindakan preventif guna menekan angka laka lantas khususnya di jalur yang rawan terjadi kecelakaan.

Kendaraan roda empat bermuatan seperti truk dan mobil box juga menjadi atensi tersendiri karena rawan membawa muatan berlebih. Tidak jarang mereka lalai memperhatikan kondisi kendaraan. Hal itulah yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu petugas melakukan operasi secara berkala agar masyarakat mau tertib dan mau mengutamakan keselamatan.

“Muatan penuh bisa rawan as patah kalau tidak rutin dilakukan pengecekan,” pungkas Heri. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...