Minggu, 31 Mei 2020 07:00

Tekan Angka Laka Lantas, Petugas Gabungan Razia MPU dan Truk

Kamis, 16 Mei 2019 23:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Tekan Angka Laka Lantas, Petugas Gabungan Razia MPU dan Truk

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Petugas gabungan dari Polisi, Garnisun, dan Dishub Kabupaten Sidoarjo menggelar operasi gabungan di Jalan Raya Desa Ketapang Keres, Kecamatan Tanggulangin, Kamis (16/5). Sebanyak 42 kendaraan ditilang dalam operasi gabungan yang digelar mulai pukul 09.00 itu.

Selepas apel, petugas gabungan langsung membagi tugas untuk menjalankan kegiatan operasi. Berbagai jenis kendaraan roda empat yang melintas langsung diberhentikan petugas gabungan untuk dilakukan pemeriksaan.

“Sasaranya utamanya MPU (Mobil Penumpang Umum), truk, dan mobil box,” terang Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polresta Sidoarjo Ipda Heri Setyawan, Kamis (16/5).

Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK. Petugas juga memeriksa muatan dan masa berlaku buku KIR kendaraan yang terjaring operasi.

Dalam operasi itu, petugas juga terpaksa melakukan penindakan terhadap kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran kasat mata. Di antaranya pengendara yang tidak memakai helm, melawan arus, dan berboncengan tiga.

Hasilnya, 42 pengendara yang tidak memiliki kelengkapan administrasi terpaksa ditilang dalam operasi tersebut. Rinciannya 20 pengendara tidak membawa STNK, 15 pengendara tidak membawa SIM, dan 7 kendaraan roda empat ditilang karena KIR-nya mati.

Heri menambahkan, giat operasi gabungan tersebut sengaja dilakukan sebagai tindakan preventif guna menekan angka laka lantas khususnya di jalur yang rawan terjadi kecelakaan.

Kendaraan roda empat bermuatan seperti truk dan mobil box juga menjadi atensi tersendiri karena rawan membawa muatan berlebih. Tidak jarang mereka lalai memperhatikan kondisi kendaraan. Hal itulah yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu petugas melakukan operasi secara berkala agar masyarakat mau tertib dan mau mengutamakan keselamatan.

“Muatan penuh bisa rawan as patah kalau tidak rutin dilakukan pengecekan,” pungkas Heri. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...