Senin, 17 Juni 2019 09:15

Ketua AKD Gresik Berharap Honor Kades dan Perangkat Cair Sebelum Lebaran

Senin, 06 Mei 2019 11:29 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Ketua AKD Gresik Berharap Honor Kades dan Perangkat Cair Sebelum Lebaran
Ketua AKD Kabupaten Gresik, Nurul Yatim.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Belum cairnya honor untuk anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Gresik turut menuai tanggapan dari Asosiasi Kepala Desa (AKD).

Ketua AKD Kabupaten Gresik Nurul Yatim kepada BANGSAONLINE.com menyatakan, belum cairnya honor tersebut bukan hanya terjadi pada BPD. Namun, juga terjadi pada kepala desa (kades) dan perangkat desa.

"Ya tak hanya BPD, kepala desa dan perangkat ya gak cair-cair. Ini terjadi sudah hampir 5 bulan," ujar Yatim, Senin (6/5).

Yatim mengaku telah melakukan kroscek ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Gresik soal kepastian honor perangkat yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). "Sebetulnya, saat ini peraturan bupati (Perbup) sebagai payung hukum sudah ada. Sehingga, desa-desa sudah bisa mengajukan pencairan. Dan, semuanya sekarang dalam proses," ungkapnya.

Namun demikian, tambah Yatim, untuk proses pencairan juga tak bisa cepat. "Rata-rata pengajuan hingga pencairan paling cepat memakan waktu hingga 3 minggu, setelah itu baru bisa masuk rekening desa," urainya.

Ia berharap, sebelum lebaran Hari Raya Idul Futri 1440 H, honor kepala desa dan perangkat sudah bisa dicairkan, mengingat kebutuhan menjelang lebaran sangat banyak. "Ya semoga lebaran bisa cair, terlebih dalam waktu dekat ini desa-desa yang akan menghadapi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang membutuhkan dana besar," harapnya.

"Saya sendiri tak bisa membayangkan, bagaimana kalau apa yang kades dan perangkat alami terjadi pada PNS/ASN, 5 bulan belum mendapatkan gaji. Padahal kasus ini rutinitas tahunan yang dihadapi oleh kades dan perangkat," cetusnya.

"Untungnya perangkat sudah biasa tahan lapar Mas," kelakarnya.

Ke depannya, AKD berharap hal seperti ini tak kembali terulang. Sehingga, kinerja dan pelayanan pemerintah desa (pemdes) yang diharapkan bisa semakin baik bisa terwujud. "Ya, harus bisa lah. Kalau ada kemauan pasti bisa," pungkasnya. (hud/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...