Minggu, 18 Agustus 2019 23:06

Warga Bumiayu Bojonegoro Sambut Ramadan dengan Rebutan Gunungan

Minggu, 28 April 2019 14:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Warga Bumiayu Bojonegoro Sambut Ramadan dengan Rebutan Gunungan
Warga saat berebut untuk mendapatkan aneka macam buah-buahan serta sayuran dari gunungan.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga Desa Bumiayu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menggelar kegiatan grebek gunungan dan tumpeng dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah.

Ada dua gunungan besar yang direbutkan ribuan warga setempat, Minggu siang (28/4/19). Selain itu juga ada puluhan tumpeng yang disantap secara bersama-sama.

Sejak pagi, dua gunungan yang dibuat dari aneka jenis buah-buahan dan sayuran hasil pertanian desa setempat diarak keliling Desa Bumiayu. Gunungan satu setinggi lima meter, dan satunya lagi setinggi tiga meter.

Prosesi arak-arakan gunungan cukup meriah dengan iringan musik tradisional oklik dan drum band siswa SD. Ribuan orang yang terdiri muda-mudi, orang tua, dan ibu-ibu turut serta dalam kegiatan itu.

Tepat pukul 11.00 WIB, Kepala Desa setempat menandai proses rebutan gunungan dengan memetik beberapa buah. Selanjutnya, secara serentak masyarakat langsung berebut untuk mendapatkan aneka macam buah-buahan serta sayuran.

"Senang sekali bisa berebut mendapatkan buah, semoga berkah," ujar Sumi salah satu warga.

Khusnul, salah satu panitia ditemui usai prosesi rebutan gunungan mengatakan, selain menyambut Bulan Suci Ramadhan, acara tersebut juga dirangkai dengan haul sesepuh desa Bumiayu serta sedekah bumi.

"Tujuan lainnya adalah birrul walidain (berbakti kepada orang tua), khususnya para sesepuh Desa Bumiayu. Di sini ada makamnya salah satu wali, jadi setiap tahun kami peringati dengan haul dan acara-acara lainnya," ujarnya.

Acara besar semacam itu sudah digelar yang ketujuh kalinya. Dia mengaku bangga masyarakat sangat antusias dengan digelarnya acara tersebut. "Grebek tumpeng dan gunungan ini sudah menjadi tradisi, sehingga setiap tahun akan kami laksanakan yang lebih meriah lagi," ungkapnya.

Tidak hanya rebutan gunungan, acara pengajian serta shalawatan juga akan digelar malam nanti. Selain itu, para pemuda Desa Bumiayu juga mendatangkan PMII Cabang Bojonegoro untuk melayani masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

"Kami ingin kegiatan yang kita laksanakan bertambah manfaat, salah satunya dengan donor darah. Kami senang partisipasi masyarakat tinggi untuk ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah lewat donor," tambah Yani salah satu koordinator pemuda. (nur/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...