Warga Bogo Bojonegoro Sambut Malam Tahun Baru Muharram dengan Rebutan Gunungan

Warga Bogo Bojonegoro Sambut Malam Tahun Baru Muharram dengan Rebutan Gunungan Suasana rebutan gunungan masyarakat Desa Bogo, Kecamatan Kapas, Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan malam Satu Suro atau tahun baru Islam 1439 Hijriyah, pemerintah Desa Bogo, Kecamatan Kapas, Bojonegoro menggelar gerebek berkah atau rebutan gunungan. Ratusan masyarakat tumpah ruah berebut sebanyak sembilan gunungan yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran, Rabu sore (20/9).

Sebelum direbut oleh masyarakat secara ramai-ramai, sembilan gunungan itu dikirab terlebih dahulu. Tumpeng yang terbuat dari tanaman hasil panen masyarakat seperti palawija dan lainnya terlihat berjajar rapi berjalan mengelilingi jalan di sudut-sudut kampung.

Dimulai dari lapangan desa setempat, kemudian dibawa ke halaman rumah kepala desa Bogo yang berjarak sekitar 700 meter. Dengan hitungan tiga ke belakang, masyarakat langsung menyerbu gunungan tersebut. Mulai anak kecil hingga orang dewasa, laki-laki dan perempuan tumpang-tindih berebut gunungan.

"Senang sekali dengan acara ini, saya dapat buah-buahan, semoga mendapat berkah," seru salah satu ibu rumah tangga yang ikut berebut gunungan, Hartati.

Sementara itu, Kepala Desa Bogo Mursid mengungkapkan, gerebek tumpeng itu baru kali ini pertama ini diadakan. Tradisi ini digelar dalam rangka mensyukuri nikmat dan karunia Allah SWT yang telah memberikan panen padi dan palawija kepada warganya. Selain itu, juga dalam rangka menyambut malam tahun baru Islam 1439 Hijriyah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO