Menghitung Peluang Calon Ketua DPRD Pacitan dan Kemungkinan Koalisi Parpol di Pilkada 2020

Menghitung Peluang Calon Ketua DPRD Pacitan dan Kemungkinan Koalisi Parpol di Pilkada 2020 Arif Setya Budi, calon anggota DPRD Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Partai Demokrat hampir dapat dipastikan kembali menjadi pemenang Pileg 2019 di Kabupaten Pacitan. Dengan hasil ini, dapat dipastikan juga Ketua DPRD Pacitan bakal kembali dijabat politikus dari partai berlambang mercy itu.

Namun, siapa yang bakal menjabat jabatan Ketua Parlemen tersebut?

Arief Setya Budi, salah satu caleg Partai Demokrat Dapil Kecamatan Tulakan-Kebonagung yang juga digadang lolos ke gedung dewan, berharap nantinya Ketua DPRD dijabat oleh caleg yang mendapatkan perolehan suara terbanyak.

"Pendapat pribadi saya, diharapkan calon ketua DPRD nanti berasal dari internal Partai Demokrat yang memperoleh suara terbanyak pula. Sehingga representasi suara rakyat akan lebih terwakili. Saya tidak akan menyebutkan siapa-siapa yang paling berpeluang," jelasnya.

Sementara itu, hingga kini belum diketahui siapa caleg yang meraih suara terbanyak di internal Partai Demokrat. Pasalnya, rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU masih berlangsung di tingkat PPK.

Di sisi lain, selain perebutan kursi Ketua DPRD, konstelasi Pilkada Pacitan 2020 juga mulai menghangat. Diprediksi akan ada dua kutub koalisi pada Pilbup tahun depan.

Hal ini dikemukakan Fibi Irawan, Ketua DPC PKB Pacitan. Menurut Fibi, berdasarkan perhitungan pihaknya, Partai Demokrat bakal mencuri 14 kursi DPRD, disusul Partai Golkar 9 kursi, PDIP 6 kursi, PKB 5 kursi, Hanura 3 kursi, kemudian Gerindra, PKS, Nasdem, dan PPP masing-masing 2 kursi.

"Jika Golkar bisa membikin koalisi tenda besar di Pilkada nanti, tentu akan sangat menarik," tuturnya.

Ditanya apakah koalisi yang terbangun di pilpres ini akan bisa berkesinambungan saat pilkada, Fibi mengaku belum bisa memprediksi. "Seandainya muncul dua kutub dalam persaingan nantinya, kemungkinan Pertai Demokrat akan berkoalisi dengan PKS dan Hanura," tandas Fibi memberikan prediksi politik. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO