1.200 Siswa Kodiklatal Berlayar dengan 2 Kapal Perang

1.200 Siswa Kodiklatal Berlayar dengan 2 Kapal Perang

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dua Kapal Perang Republik Indonesia KRI Teluk Banten-516 dan KRI Teluk Ende-517, terlibat dalam latihan praktek layar siswa Kodiklatal, yang disebut dengan Latihan Wira Jala Yudha IX/2019. 

Keberangkatan kedua kapal yang membawa 1.296 Siswa Kodiklatal tersebut dilepaskan secara resmi oleh Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto di Dermaga Ujung, Surabaya, Selasa (23/4). Latihan prakter berlayar tersebut akan dilaksanakan selama tujuh hari hingga tanggal 29 April 2019, dengan rute Surabaya-Banongan-Benoa- Surabaya.

Menurut Direktur Latihan (Dirlat), Kolonel Laut (T) Rudi Hermawan, latihan praktek ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengenal secara langsung kehidupan di atas kapal dan tugas-tugas mereka sebagai pengawak kapal. Di samping mempraktekkan prosedur-prosedur tindakan dalam menghadapi permasalahan di kapal seperti kebakaran, kebocoran serta kerusakan mesin kapal.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Lattek Wira Jala Yudha IX/2019 Letkol Laut (P) Agung Saptoadi, S.T., M.Tr. (Han) menambahkan bahwa lattek ini juga akan diisi dengan beragam kegiatan. Yang diawali dengan latihan pendaratan siswa Marinir di Pantai Banongan, kemudian berlayar menuju ke Pelabuhan Benoa. 

Setibanya di Pulau Dewata, para siswa akan melaksanakan kegiatan melepaskan Tukik ke laut, bersih-bersih pantai, donor darah, promosi ke sekolah-sekolah, kunjungan ke pejabat Pemda Bali, olahraga bersama, dan diakhiri dengan malam prajurit.

Ikut serta menghadiri pelepasan Satgas Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 antara lain Wadan Kodiklatal, para Direktur jajaran Kodiklatal, Asops Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayu Seto , dan juga Dansatfib Kolonel Laut (P) Dede Burhanudin. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO