Elektabilitas PKB dan PDI-P Bersaing Ketat di Dapil Jatim IX Tuban-Bojonegoro

Elektabilitas PKB dan PDI-P Bersaing Ketat di Dapil Jatim IX Tuban-Bojonegoro Hasil survei elektabilitas parpol di Dapil Jatim IX Tuban-Bojonegoro yang dirilis Indopolling.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersaing ketat dengan PDI Perjuangan dalam perebutan kursi DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dirilis Indopolling Network selama periode akhir Maret 2019 dengan jumlah sampel sebesar 880 responden, Jumat (12/4).

Menurut Direktur Indopolling, Wilhelmus Wempy Hadir, berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan di Dapil Jatim IX, PKB dan PDI-P menjadi partai yang paling banyak dipilih masyarakat. Elektabilitas kedua partai tersebut berhimpitan dengan selisih yang sangat tipis.

“PKB dan PDI-P menjadi partai dengan keterpilihan tertinggi, jauh meninggalkan partai-partai lainnya. Meskipun masih banyak responden yang belum menentukan pilihannya (Undecided Voters), yakni sebesar 27,3 persen,” jelas Wempy.

Pada simulasi dengan menggunakan kertas suara yang menyertakan nama caleg DPR RI, PKB berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 21,6 persen, ditempel ketat PDI-P dengan 20,9 persen.

Sedangkang di urutan ketiga ditempati Partai Golkar dengan perolehan sebesar 8,9 persen, selanjutnya Partai Nasdem 6,0 persen, dan Partai Gerindra memperoleh 4,2 persen. Kemudian diikuti Partai Demokrat mengantongi 3,3 persen, PPP sebesar 2,7 persen. Sementara elektabilitas partai lainnya masing-masing di bawah 2 persen.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO