Selasa, 18 Juni 2019 04:47

Wawali Pasuruan Buka GSI dan O2SN 2019 Tingkat SMP

Senin, 08 April 2019 18:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
Wawali Pasuruan Buka GSI dan O2SN 2019 Tingkat SMP
Wawali Pasuruan saat melakukan kick off.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Senin (8/4), menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMP Kota Pasuruan Tahun 2019 di Lapangan Yon Zipur 10 Pasuruan.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan didampingi Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Komandan Yon Zipur 10 Pasuruan, Ketua KONI, Ketua PSSI Kota Pasuruan, Pengawas SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP, peserta lomba serta undangan lain.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan bahwa sekolah dapat memfasilitasi siswanya untuk mengembangkan cabang olahraga yang diminati siswa.

"Baik dalam pembelajaran di kelas, kegiatan ekstra kurikuler maupun kegiatan lomba. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu awal bagi terbentuknya tunas-tunas bangsa yang berpotensi,“ kata Teno.

Sementara menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Ir. Siti Zuniati, M.M., tujuan dari GSI dan O2SN adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang olahraga yang berasaskan pendidikan karakter.

Adapun peserta lomba gala siswa Indonesia diikuti oleh 13 sekolah, sedangkan olimpiade olahraga siswa nasional diikuti oleh 29 sekolah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang pengembangan pendidikan karakter peserta didik. Peran guru pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes) sangat penting dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," tuturnya.

Seusai sambutan, Wawali Pasuruan melakukan kick off, tanda dimulainya pertandingan sepak bola antara Tim SMPN 4 Kota Pasuruan melawan Tim SMPN 8 Kota Pasuruan.

Perlu diketahui, selain gala siswa Indonesia, cabang olahraga yang dilombakan pada olimpiade olahraga siswa nasional adalah atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, dan karate. Juri/wasit terdiri dari unsur PSSI, FORKI, IPSI, dan Guru Penjaskes.

Gala siswa Indonesia dilaksanakan mulai tanggal 8 April sampai dengan tanggal 13 April 2019, bertempat di lapangan Yon Zipur 10 Pasuruan. Sedangkan untuk olimpiade olahraga siswa nasional dilaksanakan mulai tanggal 12 April sampai dengan tanggal 16 April 2019 bertempat di GOR Untung Suropati, Stadion Luar Untung Suropati, GOR Darmojoedo dan Kolam Renang Pondok Surya Kencana (PSK).

Pada kegiatan ini akan ditentukan pemenang 1, 2, dan 3 yang akan mendapat hadiah dan piagam penghargaan serta pemenang 1 akan mewakili Kota Pasuruan pada lomba tingkat Provinsi Jawa Timur. (ard/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...