Jelang Pilpres, Kepala Kesbangpol Trenggalek Minta Masyarakat Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan

Jelang Pilpres, Kepala Kesbangpol Trenggalek Minta Masyarakat Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan Widarsono, Kepala Kesbangpol Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Menjelang pemilu serentak yang akan digelar pada 17 April mendatang tahun ini, berbagai komentar yang mengarah pada bentuk perpecahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kerap bertebaran di media sosial. Tidak hanya itu, postingan yang berindikasi adu domba dan permusuhan juga mewarnai media maya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kabupaten Trenggalek meminta agar masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan tidak terjebak dengan penyebaran berita hoax.

"Kami menyarankan agar masyarakat tidak gampang menyampaikan ucapan-ucapan melalui media sosial yang sifatnya mengadu domba," kata Widarsono saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/4).

Ia juga berharap agar masyarakat Trenggalek tidak ikut-ikutan menyebarkan berita hoax, karena ancamannya sanksi pidana, sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Informasi, Teknologi, dan Elektronik (ITE).

Masyarakat Trenggalek, kata Widarsono lebih lanjut,  hendaknya bisa memilah dan memilih serta menyaring apakah berita itu telah teruji kebenarannya atau tidak.

"Sekali lagi saya berharap kepada warga masyarakat jangan mudah menyampaikan hal yang belum jelas kepastiannya, karena bagaimanapun hal itu bisa menjerat kita semuanya jika kita tidak pandai pandai melakukan hal yang terbaik," tandasnya.

Sejauh ini, menurut Widarsono, komentar di media sosial terbagi dalam dua hal, ada yang memberikan komentar secara positif dan ada pula komentar yang negatif. "Ini kan pesta Demokrasi, ya namanya pesta disambut dengan senyuman lah. Jangan sampai gontok-gontokan, dan jangan mendiskreditkan," pintanya.

"Alangkah lebih baiknya menyampaikan visi misi masing masing calon daripada mendiskreditkan, apakah visi misinya itu sesuai dengan harapan masyarakat. Kan tinggal itu saja sebenarnya" pungkasnya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO