Rabu, 03 Juni 2020 22:47

Banyak Suara Hilang di 2 Kelurahan, PDIP Trenggalek Investigasi ke Lapangan

Kamis, 02 Mei 2019 23:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Banyak Suara Hilang di 2 Kelurahan, PDIP Trenggalek Investigasi ke Lapangan
Ketua DPC PDIP Trenggalek Doding Rachmadi S.T (depan paling kanan) beserta jajarannya saat mendatangi Bawaslu Trenggalek. Foto: HERMAN/BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Menyikapi adanya ketidaksesuaian surat suara tidak sah yang dibacakan oleh petugas PPK Kecamatan Trenggalek dan surat suara tidak sah yang diterima oleh saksi seluruh Partai Politik dalam rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU Trenggalek dua hari yang lalu, memaksa jajaran DPC PDIP untuk melakukan investigasi di lapangan.

Sasaran investigasi ini menurut Ketua DPC PDIP Trenggalek Doding Rachmadi ditujukan di dua kelurahan yakni Kelurahan Surodakan dan Sumbergedong.

Alasan dua kelurahan tersebut dijadikan target investigasi karena sebelumnya berdasarkan pengakuan petugas PPK dalam rapat pleno terbuka tingkat kabupaten disebutkan bahwa ketidaksamaan jumlah surat suara tidak sah itu terjadi di TPS Kelurahan Surodakan dan Sumbergedong.

Dari hasil investigasi tersebut ditemukan banyak suara PDIP yang hilang di TPS Kelurahan Surodakan dan Sumbergedong. Doding beserta jajarannya lantas melaporkan hasil investigasi tersebut pada kantor Bawaslu Trenggalek.

"Jadi hasil rekapitulasi KPU Trenggalek kemarin itu kan masih menyisakan sedikit masalah tentang suara tidak sah yang jumlahnya tidak sama di Kelurahan Surodakan dan Sumbergedong, akhirnya kita melakukan investigasi. Lah akhirnya ditemukan banyak suara PDI Perjuangan yang hilang" kata Doding Rachmadi saat berada di Kantor Bawaslu Trenggalek, Kamis (2/5).

Menurutnya suara PDIP yang hilang itu berada di empat TPS yakni 3 TPS di Kelurahan Surodakan dan 1 TPS di Kelurahan Sumbergedong.

Doding lantas memberikan rincian atas hilangnya suara PDIP di empat TPS tersebut. Dikatakan olehnya bahwa di Kelurahan Surodakan tepatnya di TPS 4, suara PDIP yang hilang 2 suara, kemudian di TPS 12 suara PDIP hilang 10 suara, dan di TPS 20 suara PDIP yang hilang 6 suara.

Selanjutnya suara PDIP yang hilang di Kelurahan Sumbergedong tepatnya di TPS 16 sejumlah 5 suara.

"Jadi total suara PDIP yang hilang di kelurahan Surodakan dan Sumbergedong totalnya 23 suara. Investigasi kita itu berdasarkan plano," tegasnya.

Akibat dari banyaknya suara PDIP yang hilang di kedua kelurahan tersebut ia kemudian menyimpulkan bahwa telah terjadi penghilangan suara PDIP secara TSM (Terstruktur, Sistematis, dan Masif). Doding meminta agar Bawaslu merekomendasikan pada KPU Trenggalek untuk melakukan penghitungan ulang di seluruh TPS yang berada di dua kelurahan tersebut.

"Kita menginginkan Bawaslu untuk merekomendasikan pada KPU Trenggalek untuk melakukan penghitungan ulang di seluruh TPS di kelurahan Sumbergedong dan Surodakan," pintanya. (man/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...