Tim Adiwiyata Kabupaten Trenggalek Roadshow Sosialisasikan Pentingnya Menjadi Sekolah Adiwiyata

Tim Adiwiyata Kabupaten Trenggalek Roadshow Sosialisasikan Pentingnya Menjadi Sekolah Adiwiyata Kunjungan Tim Adiwiyata di SMAN 1 Panggul, Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Lebih dari sepekan atau tepatnya 9 hari, Tim Adiwiyata Kabupaten Trenggalek berkeliling dan memberikan pembinaan pada beberapa sekolah calon Adiwiyata.

Tim Adiwiyata Kabupaten sendiri, terdiri dari berbagai unsur di antaranya dari Dinas PKPLH, Dinas Pendidikan, Kemenag, LSM dari Forum Kabupaten Sehat, dan jurnalis dari Bangsaonline.com.

Selama melakukan kunjungan ke beberapa sekolah, Tim Adiwiyata menyampaikan berbagai ulasan terkait Adiwiyata, serta mengajak pihak sekolah untuk bergabung dalam sekolah calon Adiwiyata.

Seperti yang disampaikan Lilik Idayati S.Pd.,M.Pd. selaku Tim Pembina Sekolah Adiwiyata saat mengunjungi SMAN 1 Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, Selasa (26/3) kemarin.

"Kedatangan kami ke sini, ingin mengajak pihak sekolah untuk bergabung dalam calon sekolah Adiwiyata," ucapnya di hadapan seluruh tenaga pendidik dan beberapa siswa.

Dikatakan oleh Lilik, keuntungan yang didapat dari sekolah Adiwiyata ini menurutnya ada 3 hal. Yakni, para siswa akan memiliki karakter peduli terhadap lingkungan, membantu melestarikan lingkungan, dan yang terakhir mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Guru mata pelajaran Fisika di SMAN 2 Trenggalek ini lantas menyebutkan, apa yang bisa dipelajari dari Sekolah Adiwiyata. Yakni, kepedulian, kreativitas, dan inovatif.

Dalam paparannya, Pakar Adiwiyata Kabupaten Trenggalek ini juga menyampaikan, bahwa sekolah Adiwiyata ini tidak bisa dibebankan pada satu orang atau kepala sekolah semata. Sebab, untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, hingga wali murid.

Selain Lilik, seluruh Tim Adiwiyata juga diberi kesempatan menyampaikan tugas pokok dan fungsinya masing-masing saat melakukan kunjungan ke tiap-tiap sekolah yang dituju. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO