Senin, 27 Mei 2019 03:10

Bantu Atasi Krisis Air Bersih, Universitas Malaya Lanjutkan Program BRAVO ke Bojonegoro

Selasa, 26 Februari 2019 23:34 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: --
Bantu Atasi Krisis Air Bersih, Universitas Malaya Lanjutkan Program BRAVO ke Bojonegoro

KUALA LUMPUR, BANGSAONLINE.com - Dayasari Residence College, Universitas Malaya, akan melakukan misi kemanusiaan ke Indonesia di bawah program Borderless Aid Volunteering Project (BRAVO) pada tanggal 20 sampai 25 Maret 2019 di Bojonegoro, Indonesia.

Khairul Asyraf Zukhairy, 23, Direktur BRAVO, program tersebut akan melibatkan 48 petugas dalam pelatihan PALAPES dan beberapa mahasiswa Universitas Malaya akan fokus pada aspek peningkatan infrastruktur, pengajaran dan kesehatan masyarakat.

Sebagai badan sukarela, semua proyek yang dilakukan oleh proyek BRAVO sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), yang diperkenalkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebagai contoh, Water Hope Care Project diletakkan di bawah Clean Water And Sanitation Goals. SDG dapat menjadi panduan untuk misi untuk menempatkan target yang dapat direalisasikan berdasarkan tantangan yang ada di lingkungan sekitar.

Tahun lalu, BRAVO telah menapakkan kakinya di Phattalung, Thailand. Sesuai dengan identitas BRAVO yaitu untuk memfokuskan misi sukarela di sekitar Asia Tenggara. Misi kemanusiaan kedua ini akan berlangsung di Bojonegoro, Indonesia. Relevansi lokasi ini dipilih karena mayoritas penduduk berpendapatan rendah dan mengalami krisis air bersih.

"Perencanaan kegiatan yang akan dilakukan selama misi adalah penyunatan, pemeriksaan kesehatan, dan beberapa proyek lainnya. Untuk sesi ini, salah satu pendekatan yang akan kami gunakan untuk meningkatkan infrastruktur lokal adalah melalui proyek pencarian air bersih dengan Water Hope Care Project. Bantuan dari ahli geologi geofisika Universitas Malaya dan Universiti Sains Malaysia akan meluncurkan upaya lebih lanjut dalam mengeksplorasi sumber mata air yang diharapkan dapat membantu orang-orang di sana untuk menyelesaikan krisis," ujarnya menambahkan.

"Sejalan dengan salah satu tujuan BRAVO untuk meningkatkan pendidikan dan pengetahuan agama kepada masyarakat di Bojonegoro, perbaikan sekolah dan masjid juga akan dilakukan."

Selain itu, proyek internasional ini memiliki misi untuk membina hubungan antara negara-negara Asia Tenggara melalui kerja sukarela. Sebagai contoh, proyek ini melibatkan kolaborasi dengan organisasi non-pemerintah dari Indonesia seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT), Sampang Young Inspiration, dan komunitas Tuban.

Khairul mengatakan, orang luar yang ingin menyalurkan uang atau bantuan barang ke misi kemanusiaan dapat menghubungi Puteri Nursyakilla sebagai Sekretaris BRAVO di + 6011-2622 4591. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi mereka melalui emelbravoproject@gmail.com atau melalui media sosial, www.facebook.com/bravo.p17/.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...