Senin, 01 Juni 2020 00:22

Seorang Caleg di Kota Blitar Ditangkap Polisi Karena Kasus Penipuan

Rabu, 13 Februari 2019 09:41 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
Seorang Caleg di Kota Blitar Ditangkap Polisi Karena Kasus Penipuan
Salah satu barang bukti mobil yang diamankan. foto: Akina Nur Alana/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Yanuar Febrianto (25) warga Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar ditangkap Satreskrim Polres Blitar Kota. Yanuar yang belakangan diketahui sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Blitar ini diamankan karena melakukan penipuan mobil Grand Livina dan Honda CRV terhadap Rizqi Mahendra (31) warga Surabaya.

Dari penangkapan Yanuar, polisi mengamankan barang bukti satu unit Nissan Grand Livina milik korban serta tiga cek kosong dan surat pernyataan jual beli mobil.

Selain Rizqi, Yanuar juga dilaporkan satu korban lainnya.

Yanuar diamankan polisi di sebuah apartemen di Surabaya saat sedang bersama teman wanitanya. "Pelaku suduah kami tahan. Sebelumnya pelaku sempat mangkir dari panggilan sebagai saksi hingga kemudian kami mengeluarkan surat panggilan paksa tetap tak ada jawaban, hingga akhirnya pelaku berhasil diamankan di Surabaya," ungkap Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Heri Sugiono, Rabu (13/2/2019).

Diduga masih ada sejumlah korban lain yang belum melapor ke polisi. Hal ini diketahui dari percakapan di handphone milik pelaku. "Kami masih mengembangkan kasus ini karena diduga masih ada korban lain," imbuhnya.

Adapun modus penipuan yang dilakukan Yanuar ke korban semua hampir sama, yaitu berpura-pura membeli mobil ke sejumlah orang yang sudah dikenalnya. Setelah ada kesepakatan harga, pelaku menggunakan jaminan mobil untuk meyakinkan korban. Tetapi, mobil yang dijaminkan pelaku juga hasil menipu dari orang lain.

Heri Sugiono menambahkan dalam pemeriksaan, pelaku mengaku bekerja sebagai wiraswasta. "Pekerjaanya swasta. Terkait itu (Caleg) kami belum tahu pasti," katanya.

Informasi yang berkembang menyebutkan jika Yanuar adalah Caleg DPRD Kota Blitar Dapil Sukorejo dari Partai Golkar. Saat dikonfirmasi, Ketua DPD Golkar Kota Blitar Moh Hardi Usodo membenarkan hal ini.

Menurut dia, Yanuar merupakan caleg dari Partai Golkar nomor urut 4 untuk Dapil Kecamatan Sukorejo. Sejauh ini pihak partai mengaku sudah mendengar kabar kasus penipuan yang dilakukan Yanuar. Namun pihaknya belum bisa mengambil sikap karena belum ada putusan pengadilan.

"Iya, saya juga sudah mendengar kabar tersebut. Tapi kami belum bisa mengambil sikap ke depanya seperti apa, karena belum ada keputusan yang sifatnya inkracht. Namun kami tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah," ungkap Moh Hardi Usodo. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...