Warga Desa Puhjajar Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Warga Desa Puhjajar Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kepala Pusat Survei Geologi (PSG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Dr. Ir. Eko Budi Lelono bersama Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM meresmikan sumur bor di desa Puhjajar Kecamatan Papar. Peresmian tersebut disambut suka cita oleh seluruh warga desa. Sebab, mereka sekarang dapat mempergunakan sumur tersebut untuk kebutuhan sehari-hari khususnya minum dan memasak (1/2).

Menurut Kepala Desa Puhjajar Suko Budi, desanya tidak kekurangan air. Hanya saja, airnya tidak bersih lantaran tercemar limbah dari banyaknya industri krupuk yang ada di wilayah setempat. Dikawatirkan kesehatan warga akan terganggu dengan adanya limbah tersebut.

Selain limbah, warga desa Puhjajar tak sedikit yang memiliki hewan ternak seperti lembu, kambing, bebek, dll. Oleh warga kotoran dari ternak tersebut dibuang ke sungai. "Jadi sungai di sini juga tercemar oleh kotoran ternak. Alhamdulillah dengan dibangunnya sumur bor ini masyarakat menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit," terangnya.

Suko menambahkan, setelah diresmikan pada hari ini, sumur bor tersebut dapat mencukupi kebutuhan air bersih di dua dusun, yaitu dusun Puhjajar dan dusun Santren yang jumlahnya ada 900 kepala keluarga. "Kemarin sudah sempat dicoba oleh warga untuk minum dan memasak," tambahnya.

Saat ini kapasitas tangki untuk tandon air 5500 liter. Ke depannya nanti, desa akan membuat tangki air yang lebih tinggi dan langsung dialirkan ke rumah-rumah warga.

Dalam sambutannya, Kepala PSG Kementerian ESDM RI Dr. Ir. Eko Budi Lelono menjelaskan program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah dalam di Kemenerian ESDM sudah dimulai sejak tahun 2000. Terhitung dari tahun 2005 sampai dengan 2018 sebanyak 2288 unit sumur bor dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m3/tahun untuk melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa dari sabang sampai merauke.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO