Kamis, 18 April 2019 22:17

RGS dan IKM Gresik Kolaborasi Kembangkan Usaha

Rabu, 23 Januari 2019 13:15 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
RGS dan IKM Gresik Kolaborasi Kembangkan Usaha
H. Khozin Ma'sum bersama Sugeng Priasto dan para IKM di Posko RGS. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Relawan Gerakan Sosial (RGS) Indonesia, tak hanya bergerak dalam misi sosial untuk memperjuangkan para calon pemimpin, baik melalui ajang Pilbup, Pilgub, hingga Pilpres. Namun, juga membantu komponen masyarakat kecil agar mereka bisa maju dan mandiri.

Kali ini, RGS Indonesia berkolaborasi dengan sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Gresik agar mereka bisa mengembangkan usahanya. Rabu (23/1), puluhan anggota IKM berbumpul di Posko RGS Indonesia, Perumahan Pongangan Indah Kecamatan Manyar. Mereka membicarakan banyak hal untuk perkembangan IKM di Kabupaten Gresik.

"Para IKM ini juga tengah mempersiapkan berbagai keperluan agar produk mereka bisa masuk di sektor usaha seperti perhotelan, resto, mall, minimarket dan lainnya," ujar Ketua Forum IKM Kabupaten Gresik, Sugeng Priasto kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (23/1).

Menurut Sugeng, saat ini IKM Gresik telah menjalin kerja sama dengan Hotel Pesona untuk menjual produk mereka. Sebelumnya, juga telah bekerja sama dengan minimarket seperti Indomart. "Nanti akan berkembang ke sektor-sektor usaha lain. Kami juga telah menyiapkan brosur dan katalog untuk memasarkan produk IKM," katanya.

Sugeng menyampaikan, jumlah IKM di Kabupaten Gresik saat ini mencapai 100 anggota. Mereka telah membuat berbagai macam produk, di antaranya aneka makanan seperti aneka sambal, madu mongso, kue kering, sari kedelai, abon ikan nila, dan abon ikan lele. "Juga ada aneka kerajinan pakaian seperti kerudung, bros, dan lainnya. Rata-rata income sebulan antara Rp 10-15 juta," pungkasnya.

Sementara Pendiri RGS Indonesia H. M. Khozin Ma'sum berharap Pemkab maupun DPRD Gresik ikut peduli terhadap perkembangan IKM di Gresik. Sebab menurutnya, IKM adalah kebanggaan Gresik.

"Pemerintah harus bisa membantu mereka. Bisa turut andil dalam pemasaran, baik ikut membantu pemasaran melalui pameran dan membantu mempromosikan produk, juga membantu permodalan," ujarnya.

"Diharapkan dengan semangatnya IKM di Gresik dan berkembangnya mereka bisa membantu pendapatan asli daerah (PAD). Juga bisa membantu mengurangi angka pengangguran," imbuhnya. (hud/dur)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...