Bupati Banyuwangi Bagikan 1000 Bibit Durian Merah

Bupati Banyuwangi Bagikan  1000 Bibit Durian Merah Bupati Banyuwangi menanam 1.000 bibit pohon durian merah

BANYUWANGI (BangsaOnline) - Pemkab memacu pengembangan komoditas hortikultura. Di antaranya adalah komoditas durian. Bupati Abdullah Azwar Anas membagikan 1.000 bibit durian merah, salah satu komoditas hortikultura andalan dari daerah di ujung timur Pulau Jawa itu.

" merah dalam beberapa tahun terakhir memang semakin banyak diminati karena rasanya yang dinilai lebih nikmat dibanding durian biasa. Apalagi, warna dagingnya berbeda dari durian kebanyakan, yaitu merah, oranye, dan bahkan ada yang perpaduan warna-warni," kata Anas, Jumat (26/9) .

Seribu bibit durian merah itu ditanam di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten . Bibit durian ditanam di kebun/pekarangan milik warga.

" merah ini buah khas dengan nilai ekonomis yang tinggi dibanding durian biasa. Potensinya besar. Dengan penanaman ini, kelak warga akan memetik hasilnya. Selain untuk penghijauan, ada nilai ekonomisnya yang berguna untuk warga," kata Anas.

Seribu bibit yang ditanam ini diperkirakan bisa dipanen buahnya antara 7-12 tahun ke depan bergantung jenis bibitnya. Jumlah pohon durian merah di memang terbatas. Pohon yang produktif berbuah setiap tahun baru sejumlah 200 pohon dengan produksi 1500-1700 butir setiap masa panen. Jumlah ini sangat terbatas. Padahal, permintaan pasar sangat besar.

"Karena itu peluang untuk mengembangkan komoditas ini sangat luas. Apalagi durian merah menjadi buah khas , maka kita harus mengupayakan agar buah ini banyak tersedia dan mudah dibeli," cetus Bupati Anas.

Ketua Divisi Riset dan Pengembangan Merah dari Forum Pemerhati Hortikultura , Eko Mulyono menuturkan, pohon durian merah tersebar di sejumlah kecamatan di , antara lain Kecamatan Kalipuro, Giri, Glagah, dan Songgon.

Kelima kecamatan ini menjadi tempat persebaran 3.000 pohon durian yang saat ini dibudidayakan masyarakat. "Tiga ribu bibit yang sudah mulai dibudidayakan itu akan dipanen 3-4 tahun ke depan," kata pria yang telah menggeluti riset durian merah sejak tahun 2008 ini.

Eko menuturkan, jenis durian merah di berbeda dengan durian merah yang ditemui di Kalimantan atau Malaysia. merah Kalimantan berjenis Durio Kutejensis, dan durian merah Malaysia Durio Graveolens. Sementara durian merah adalah Durio Zighetinus. " merah memiliki kualitas yang paling baik dan rasa yang paling enak di antara lainnya," ujar Eko.

Pada 2013, total produksi durian seluruh varian di mencapai 7.438 ton. merupakan salah satu komoditas hortikultura yang cukup diandalkan di . Komoditas unggulan lainnya adalah jeruk siam, manggis, buah naga, mangga, pisang, dan semangka.

Sumber: kabarbisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO