Rabu, 24 Juli 2019 01:40

Selidiki Data Digital Forensik, Status Vanessa Berpotensi Naik Menjadi Tersangka

Senin, 14 Januari 2019 15:51 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Anastasia Novarina
Selidiki Data Digital Forensik, Status Vanessa Berpotensi Naik Menjadi Tersangka
Vanessa Angel

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penyidik Cyber Crime Polda Jatim terus mengungkap peranan Vanessa Angel (VA) dalam kasus prostitusi online. Dari data digital forensik yang dikantongi penyidik, diperoleh fakta bahwa Vanessa Angel ini dalam praktik prostitusi online terlibat secara langsung dan difasilitasi oleh enam mucikari.

Hal ini disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Luky Hermawan. Dari data digital forensik yang diperoleh penyidik, tercatat bahwa Vanessa Angel menerima booking sebanyak sembilan kali. Dua di antaranya dilakukan di Singapura, satu di Surabaya, dan enam di Jakarta.

"Ini lagi didalami yah, karena dari hasil pemeriksaan ini akan menentukan sekali dari pada status VA," tutur Kapolda Luky saat didampingi Direskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan, Senin (14/1).

Kapolda menambahkan, dari hasil data forensik menemukan data 15 kali transaksi dengan mucikari EN. "Ada yang langsung dari 15 transaksi. Dari 9 kali transaksi itu di Singapura 2 kali, di Jakarta 6 kali, dan di Surabaya 1 kali," imbuh Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Kapolda berharap dalam kasus ini, penyidik tidak terpengaruh oleh berita uang beredar. "Penyidikan terhadap venesa sesuai dengan aturan dan prosedur, sehingga penyidik ini murni bisa mengambil fakta-fakta hukum yang sesuai dengan hasil forensik yang ada, sehingga betul-betul murni nanti penyidik mengambil dan ke arah mana nanti setelah pemeriksaan ini," imbuhnya.

Direktur Reskrimsus Kombespol Ahmad Yusep Gunawan menambahkan, dari sembilan transaksi yang dilakukan Vanessa Angel, rata-rata tarif yang dikenakan ke user adalah Rp 80 juta.

"VA mendapat Rp 35 juta. Sisanya dibagi-bagi kepada enam mucikari ini. Karena mereka yang menghubungkan ke user sampai ke penyedia yakni VA," ujar Yusep. (ana/dur) 

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...