Kabupaten Gresik Kembali Gagal Raih Adipura

Kabupaten Gresik Kembali Gagal Raih Adipura Taman-taman Kota terus diperbaiki dengan anggaran miliaran rupiah agar Gresik makin indah. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com kembali tak beruntung dalam lomba Adipura tahun 2018 lalu. Pemerintahan di bawah komando Bupati Sambari Halim Radianto lagi-lagi gagal menyabet penghargaan di bidang kebersihan tersebut.

Tahun 2018 ini, gagal menyabet penghargaan baik penghargaan Adipura Kencana, Adipura untuk kota sadang, maupun sertifikat.

Kegagalan Gresik ini terlihat dari daftar sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur yang menerima meraih Adipura. Dalam daftar yang beredar pada Jumat (11/1/2019), tidak ada nama Kabupaten Gresik.

Sedangkan sejumlah daerah di Jatim yang berdekatan dengan Kabupaten Gresik yang meraih Adipura Kencana di antaranya adalah Kota Surabaya. Kemudian, Adipura untuk kategori kota sedang di antaranya, diraih Kabupaten Lamongan, Tuban, Jombang, dan Mojokerto dari 42 kabupaten/kota se-Indonesia tahun 2018.

Hingga tahun 2018 ini, tercatat empat kali gagal meraih Adipura.

Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Gresik Ir. Moch Najikh saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com membenarkan bahwa gagal meraih Piala Adipura. "Kami sudah berupaya maksimal (untuk meraih Adipura, red)," katanya.

"Di antaranya, membenahi sejumlah obyek yang menjadi penilaian, mulai tempat sampah, faslitas umum seperti sekolah, perkantoran, dan kebersihan kota. Kalau menurut saya secara kasat mata penilaian obyek-obyek tersebut semua sudah bagus," katanya.

"Saya sudah melaporkan ke pimpinan soal kegagalan Kabupaten Gresik meraih Adipura 2018," pungkasnya.

Sekadar informasi, sendiri setiap tahunnya telah menggelontorkan anggaran cukup besar dari APBD untuk penataan kota dan memperbaiki sejumlah falisitas.

Sebagai contoh, pada tahun 2016 dialokasikan anggaran Rp 5,5 miliaran untuk pembangunan taman sekitar Rp 3 miliar. Juga untuk rehabilitasi tanaman se-Kabupaten Gresik. Sedangkan pada tahun 2018 ada alokasi anggaran sekitar Rp 9 miliar untuk penataan kawasan kota Gresik seperti taman dan fasilitas pendukung lain. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO