Minggu, 26 Mei 2019 11:15

Kabupaten Gresik Kembali Gagal Raih Adipura

Jumat, 11 Januari 2019 17:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Kabupaten Gresik Kembali Gagal Raih Adipura
Taman-taman Kota terus diperbaiki dengan anggaran miliaran rupiah agar Gresik makin indah. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik kembali tak beruntung dalam lomba Adipura tahun 2018 lalu. Pemerintahan di bawah komando Bupati Sambari Halim Radianto lagi-lagi gagal menyabet penghargaan di bidang kebersihan tersebut.

Tahun 2018 ini, Pemkab Gresik gagal menyabet penghargaan baik penghargaan Adipura Kencana, Adipura untuk kota sadang, maupun sertifikat.

Kegagalan Gresik ini terlihat dari daftar sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur yang menerima meraih Adipura. Dalam daftar yang beredar pada Jumat (11/1/2019), tidak ada nama Kabupaten Gresik.

Sedangkan sejumlah daerah di Jatim yang berdekatan dengan Kabupaten Gresik yang meraih Adipura Kencana di antaranya adalah Kota Surabaya. Kemudian, Adipura untuk kategori kota sedang di antaranya, diraih Kabupaten Lamongan, Tuban, Jombang, dan Mojokerto dari 42 kabupaten/kota se-Indonesia tahun 2018.

Hingga tahun 2018 ini, Pemkab Gresik tercatat empat kali gagal meraih Adipura.

Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Gresik Ir. Moch Najikh saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com membenarkan bahwa Pemkab Gresik gagal meraih Piala Adipura. "Kami sudah berupaya maksimal (untuk meraih Adipura, red)," katanya.

"Di antaranya, membenahi sejumlah obyek yang menjadi penilaian, mulai tempat sampah, faslitas umum seperti sekolah, perkantoran, dan kebersihan kota. Kalau menurut saya secara kasat mata penilaian obyek-obyek tersebut semua sudah bagus," katanya.

"Saya sudah melaporkan ke pimpinan soal kegagalan Kabupaten Gresik meraih Adipura 2018," pungkasnya.

Sekadar informasi, Pemkab Gresik sendiri setiap tahunnya telah menggelontorkan anggaran cukup besar dari APBD untuk penataan kota dan memperbaiki sejumlah falisitas.

Sebagai contoh, pada tahun 2016 dialokasikan anggaran Rp 5,5 miliaran untuk pembangunan taman sekitar Rp 3 miliar. Juga untuk rehabilitasi tanaman se-Kabupaten Gresik. Sedangkan pada tahun 2018 ada alokasi anggaran sekitar Rp 9 miliar untuk penataan kawasan kota Gresik seperti taman dan fasilitas pendukung lain. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...