Senin, 27 Mei 2019 11:03

​China Punya Teritorial Negara di Bulan

Kamis, 03 Januari 2019 15:55 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: --
​China Punya Teritorial Negara di Bulan
Stasiun China di bulan. foto: mirror.co.uk

BANGSAONLINE.com – China berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa dalam format robot, di sisi terjauh di bulan. China menyatakan, bahwa mereka telah mempunyai teritorial negara ini di satelit bumi ini.

Pesawat yang diberi nama Chang'e-4 berhasil mendarat pada hari Kamis, kata media pemerintah, pada misi yang dinilai sebagai langkah penting bagi program luar angkasa China.

Peluncuran pesawat pada bulan Desember dan pesawat mendarat lunak pada permukaan bulan sisi tergelap, pada pukul 02.26 pagi GMT. Robot ini mengirim gambar "jarak dekat" pertama dari sisi gelap bulan.

"Bulan mengitari bumi, berputar pada kecepatan yang sama dengan yang mengorbit planet kita, sehingga sisi jauh - atau "sisi gelap" - tidak pernah terlihat dari Bumi. Pesawat ruang angkasa sebelumnya telah melihat sisi jauh bulan tetapi tidak ada yang mendarat," kata penyiar.

"Pendaratan itu "mengangkat kerudung misterius" dari sisi jauh bulan, dan "membuka babak baru dalam eksplorasi bulan manusia"," jelasnya.

Li Guoping, direktur Departemen Teknik Sistem di CNSA, mengungkapkan pada bulan September, China merencanakan empat misi untuk menjelajahi permukaan bulan. Misi ini menjadi bagian dari tahap keempat program eksplorasi bulan China, Chang'e.

Chang'e melakukan berbagai misi, termasuk membawa sampel kembali ke Bumi, dan mengunjungi kutub bulan. Para peneliti berharap misi ke Kutub Selatan bulan akan memberikan informasi baru tentang usia dan komposisi tanah bulan.

Sementara itu, misi ke Kutub Utara bertujuan untuk mengungkap apakah es ada di Bulan. Di masa depan, Cina juga dapat mendirikan pangkalan bulan permanen untuk membantu misi di masa depan, menurut Guoping.

Sumber: mirror.co.uk
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...