Sabtu, 23 Maret 2019 12:25

​China Punya Teritorial Negara di Bulan

Kamis, 03 Januari 2019 15:55 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: --
​China Punya Teritorial Negara di Bulan
Stasiun China di bulan. foto: mirror.co.uk

BANGSAONLINE.com – China berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa dalam format robot, di sisi terjauh di bulan. China menyatakan, bahwa mereka telah mempunyai teritorial negara ini di satelit bumi ini.

Pesawat yang diberi nama Chang'e-4 berhasil mendarat pada hari Kamis, kata media pemerintah, pada misi yang dinilai sebagai langkah penting bagi program luar angkasa China.

Peluncuran pesawat pada bulan Desember dan pesawat mendarat lunak pada permukaan bulan sisi tergelap, pada pukul 02.26 pagi GMT. Robot ini mengirim gambar "jarak dekat" pertama dari sisi gelap bulan.

"Bulan mengitari bumi, berputar pada kecepatan yang sama dengan yang mengorbit planet kita, sehingga sisi jauh - atau "sisi gelap" - tidak pernah terlihat dari Bumi. Pesawat ruang angkasa sebelumnya telah melihat sisi jauh bulan tetapi tidak ada yang mendarat," kata penyiar.

"Pendaratan itu "mengangkat kerudung misterius" dari sisi jauh bulan, dan "membuka babak baru dalam eksplorasi bulan manusia"," jelasnya.

Li Guoping, direktur Departemen Teknik Sistem di CNSA, mengungkapkan pada bulan September, China merencanakan empat misi untuk menjelajahi permukaan bulan. Misi ini menjadi bagian dari tahap keempat program eksplorasi bulan China, Chang'e.

Chang'e melakukan berbagai misi, termasuk membawa sampel kembali ke Bumi, dan mengunjungi kutub bulan. Para peneliti berharap misi ke Kutub Selatan bulan akan memberikan informasi baru tentang usia dan komposisi tanah bulan.

Sementara itu, misi ke Kutub Utara bertujuan untuk mengungkap apakah es ada di Bulan. Di masa depan, Cina juga dapat mendirikan pangkalan bulan permanen untuk membantu misi di masa depan, menurut Guoping.

Sumber: mirror.co.uk
Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...