Senin, 23 September 2019 16:58

Bantu Korban Tsunami Banten, PT BSI Terjunkan Tim ERT dan Salurkan Logistik

Sabtu, 29 Desember 2018 21:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zahratul Maidah
Bantu Korban Tsunami Banten, PT BSI Terjunkan Tim ERT dan Salurkan Logistik
Emergency Response Team PT BSI saat membantu korban bencana Banten.

PANDEGLANG, BANGSAONLINE.com - PT Bumi Suksesindo (BSI) berkomitmen membantu korban bencana alam, salah satunya dengan mengirim tim relawan. Saat ada bencana tsunami di Selat Sunda, BSI telah mengirim emergency response team (ERT) yang bertolak menuju Pandeglang, Banten untuk membantu korban tsunami tersebut, Selasa (25/12) lalu.

“Setiap ada bencana kami selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pengiriman tim relawan. Ini sudah menjadi komitmen kami,” tegas Senior Manager External Affairs, Sudarmono.

Sasaran mereka adalah wilayah kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Perjalanan menuju wilayah tersebut ternyata tidaklah mudah. Tim yang tergabung dalam emergency response team (ERT) PT BSI ini terpaksa menginap di tengah perjalanan karena cuaca dan kondisi jalan yang tidak memungkinkan.

“Kondisi hujan dan jalannya pun rusak parah. Demi keamanan kami putuskan untuk menginap di gubuk tepi jalan,” kisah koordinator tim ERT PT BSI, Sugeng Hariyanto, belum lama ini.

Setibanya di lokasi bencana, Rabu (26/12), relawan PT BSI langsung bergabung dengan tim di bawah koordinasi Kementerian ESDM. Mereka mendirikan posko di SMPN 1 Sumur yang berjarak kurang lebih 400 meter dari bibir pantai. Selama di lokasi bencana, tim bergerak menyisir lokasi bekas tsunami untuk mencari korban yang mungkin belum ditemukan.

“Kami datangi setiap lokasi untuk mencari korban yang belum ditemukan,” terang Sugeng. Tidak hanya melakukan penyisiran lokasi bencana, ERT juga mendatangi tempat-tempat pengungsian warga. Di sini, ERT memberikan layanan kesehatan dan memberikan bantuan logistik.

“Layanan kesehatan ini untuk memastikan kesehatan masyarakat tetap terjaga paska
bencana,” ujarnya.

Untuk logistik yang diperbantukan, PT BSI memilih memberikan bantuan berupa barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak, mie instan, dan lain-lain. Melihat kondisi di lapangan, bahan-bahan itulah yang saat ini paling dibutuhkan oleh korban.

Sudarmono menambahkan, saat pelepasan keberangkatan tim memastikan bahwa perusahaan memiliki perhatian tersendiri terhadap kebencanaan. Pihaknya akan selalu siap sedia terlibat dalam upaya penanganan bencana.

Sebagai informasi, bukan hanya sekali ini PT BSI mengirimkan relawan ke lokasi bencana. Sebelumnya, ERT PT BSI juga terlibat dalam penanganan bencana tsunami Aceh (2016), tsunami Lombok (2018), banjir Alasmalang, Banyuwangi (2018), dan gempa tsunami Palu (2018). (mid/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Senin, 23 September 2019 13:14 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. Inna ‘ibaadii laysa laka ‘alayhim sulthaanun wakafaa birabbika wakiilaan“Sesungguhnya (terhadap) hamba-hamba-Ku, engkau (Iblis) tidaklah dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...