Lindungi Hak Anak, SMP di Sidoarjo Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Lindungi Hak Anak, SMP di Sidoarjo Deklarasi Sekolah Ramah Anak ?TEKEN: Kadikbud Asrofi disaksikan Wabup Sidoarjo dan Ketua Komisi D, teken deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA), Senin (10/12). Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sidoarjo berupaya melindungi hak-hak anak. Itu dilakukan 25 SMP Negeri dan Swasta yang mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak (SRA), di Pendopo Delta Wibawa, Senin (10/12).

Deklarasi ini dipimpin oleh Wabup Sidoarjo H Nur Ahmad Syaifuddin. Selain Wabup, deklarasi juga ikut diteken Ketua Komisi D, H Usman, Kadikbud Asrofi, Asisten II Heri Soesanto, para guru, siswa dan wali siswa. “Ada delapan standar menentukan dan menetapkan SRA,” ucap Wabup.

Kata Wabup, dalam deklarasi itu diantaranya menjamin, memenuhi, menghargai dan melindungi hak-hak anak. Selain itu, mendukung partisipasi anak serta anti tindakan kekerasan dalam hal apa pun.

Sedangkan yang terakhir adalah anti bullying. “Hal ini mendorong anak makin bebas berkreasi dan mengembangkan kemampuannya kepada hal-hal yang bersifaf positif,” beber Cak Nur, panggilan Wabup.

Kadikbud Asrofi menambahkan, SRA ini program yang dilaksanakan bertahap. Oleh karena itu, pihaknya bakal membudayakan SRA dengan target bertahap. “Mudah-mudahan program ini bisa meminimalisir kasus yang melibatkan pelajar,” tegasnya.

Ketua MKKS SMP Swasta Sidoarjo, Abdul Sjukur menegaskan harus ada standar dan kriteria SRA. Selain itu, harus ada pelatihan dan tahapannya. “Jika tidak ada standarnya, bisa membuat siswa tidak bisa ditegur,” bebernya.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Sidoarjo, AKP Rahmatul Laila mengungkapkan ada 60 kasus dalam setahun terakhir yang melibatkan pelajar. Angka kasus itu, tergolong sangat tinggi.

"Jumlah kasus itu tergolong tinggi. Kami berharap dalam program baru ini kasus kriminal yang melibatkan pelajar dan anak-anak bisa menurun,” harap AKP Rahmatul Laila. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO