Suka Bikin Macet, Dishub Kota Mojokerto Gencar Lakukan Penertiban Parkir Liar

Suka Bikin Macet, Dishub Kota Mojokerto Gencar Lakukan Penertiban Parkir Liar Kepala Dishub Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto, Satpol PP, serta Satlantas Polres Mojokerto Kota sedang gencar menertibkan di beberapa ruas jalan. Dari penertiban itu, ada belasan sepeda motor dan mobil yang ditilang karena salah parkir atau berada di atas trotoar.

Razia yang dilakukan Dishub dilakukan di beberapa lokasi yang sering digunakan parkir sembarangan, seperti di Jalan Empu Nala, Jalan Mojopahit, dan seputaran wilayah Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto. Di jalan-jalan itu, petugas gabungan ini melakukan penindakan terhadap pelanggar rambu lalu lintas, dan sejumlah pedagang yang membuka lapak di badan jalan. Surat tilang pun diberikan pada pengemudi sepeda motor.

Namun ada juga pengendara sepeda motor yang sempat protes ketika petugas akan menilang. Itu terjadi di Jl Mojopahit Selatan. Petugas Dishub dan Polisi bermaksud menilang pria berjaket coklat karena parkir di trotoar serta tepat di bawah rambu larangan parkir. Tapi si pengendara berdalih bahwa parkir di tempat lain rawan dicuri. 

"Kalau parkir di sini aman. Kalau memang tak boleh parkir di sini ya diberi solusi dong," kata si pengendara .

Terkait razia itu, Kepala Dishub Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo menjelaskan, penertiban ini melibatkan kepolisian dan Satpol PP. Sedangkan untuk penindakan, itu semua bergantung pelanggaran dan aturan yang dipakai. 

"Kalau itu pelanggaran Peraturan Daerah (Perda), maka Satpol PP yang melakukan penindakan. Kalau ada pelanggaran pidana, Kepolisian yang melakukan penindakan hukum," ujarnya.(4/12)

Selain melakukan penindakan bagi pengendara yang memarkirkan kendaraan sembarangan, petugas juga melakukan pendataan terhadap juru parkir (jukir) liar. "Tadi kami temui sejumlah jukir yang bukan dari kami," ujarnya.

Dia juga akan mengeluarkan imbauan-imbauan yang ditujukan kepada jukir dan masyarakat. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO