Tertangkap CCTV, Polisi Sebar Sketsa Wajah Pelaku Pengirim Surat KPK Palsu

Tertangkap CCTV, Polisi Sebar Sketsa Wajah Pelaku Pengirim Surat KPK Palsu

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Proses penyidikan penyebar surat palsu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditujukan kepada sejumlah pejabat Pemkab Blitar memasuki babak baru. Setelah memeriksa rekaman CCTV, polisi berhasil mendapatkan sketsa wajah kurir pengantar surat palsu KPK. Polisi pun segera menyebar sketsa wajah kurir surat tersebut.

Kasubag Humas Polres Blitar Iptu M Burhanudin mengatakan, selain sempat tertangkap kamera CCTV, sketsa wajah kurir surat palsu KPK ini juga diperoleh berdasarkan keterangan 19 orang saksi yang telah diperiksa. Dari rekaman CCTV dan keterangan saksi juga diketahui, setidaknya ada empat tempat yang dituju pengirim surat palsu KPK itu.

Pada pukul 21.50 wib diketahui pelaku mengirimkan surat pemanggilan palsu KPK untuk Ketua DPRD Kabupaten Blitar di kantor sekretariat DPRD Kabupaten Blitar Jalan Kota Baru nomer 10 Kanigoro. Surat diterima oleh satpam yang tengah berjaga.

Kemudian pukul 22.00 wib, pelaku mengirim surat panggilan palsu KPK untuk Wakil Bupati Blitar di Kantor Pemkab Blitar Kanigoro. Namun oleh petugas Satpol PP yang bertugas jaga disarankan dikirimkan langsung ke rumah Wabup di Desa Bendosewu Kecamatan Talun. Pukul 22.25 wib, pelaku mengirimkan surat itu ke rumah Wabup di Desa Bendosewu, Talun.

Pukul 23.03 wib, pelaku mengirim surat serupa untuk Bupati Blitar di Pendopo Ronggo Hadinegoro Jalan Semeru 40 Kota Blitar. Surat diterima oleh petugas Satpol PP yang berjaga.

"Terakhir pukul 23.10 wib, pelaku mengirimkan surat panggilan KPK yang diduga palsu untuk staf Dinas PU PR Pemkab Blitar di kantor dinas di Kelurahan Gedog, Sananwetan, Kota Blitar dan diterima satpam yang berjaga," tutur Iptu M Burhanudin, Jumat (30/11/2018).

Menurut dia, dari rekaman CCTV, pelaku terdeteksi melakukan aksinya seorang diri. Pelaku diketahui menghunakan motor N-Max berwarna merah lengkap dengan helm full face berwarna hitam. Saat menyerahkan surat, pelaku tidak melepas helmnya. Melainkan hanya membuka kaca helm sehingga wajahnya masih terlihat oleh petugas jaga. Pelaku menggunakan pakaian rapi, memakai jaket, dan celana warna terang serta menggunakan sepatu dan membawa tas selempang.

Sedangkan ciri-ciri fisik lelaki itu diperkirakan berusia sekitar 30 tahun, tinggi badan sekitar 168 cm, wajah oval, rambut lurus, kulit sawo matang, dan berkacamata.

"Sketsa wajah ini akan kami sebar. Kami berharap bagi masyarakat yang mempunyai informasi terkait sketsa wajah ini, untuk secepatnya menghubungi polisi," pungkas Burhan. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO