Berawal Hobi Menulis, Mahasiswa Unnes Gandrungi Blog, Kini Hasilkan Jutaan Rupiah

Berawal Hobi Menulis, Mahasiswa Unnes Gandrungi Blog, Kini Hasilkan Jutaan Rupiah Achmad Muslichun sedang mengupload artikel. Dan perolehan rupiah dari google adsanse. foto: Yesyta Maya Sari

SEMARANG, BANGSAONLINE.com - Berawal dari hobi menulis yang ‘dimuntahkan’ dalam blog. Tak disangka, akhirnya bisa menjadi mesin uang. Beberapa mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah membuktikannya.

Sebut saja Achmad Muslichun (21) yang kerap dipanggil Lichun. Dia memproklamirkan diri sebagai , sebagai wadah untuk menampilkan karya-karya artikelnya. Tak dinyana, dari sekadar berbagi tulisan dengan pembaca ini, Lichun malah meraih pundi-pundi rupiah sampai jutaan, melalui layanan google adsense. Wow!

“Saya memang menyukai menulis. Sejak kelas 2 SMA. Dan hobi itu kian menguat setelah ada blog yang menyediakan website gratisan dengan domain blog,” kata dia. “Awalnya saya tidak mengetahui jika mendapat email dari Google, yang merupakan pemberitahuan bahwa blogn saya disetujui untuk menampilkan iklan dari Google Adsense,” tambah dia.

Dia mengenal blog dari satu dosen. Bahkan dosen itu menyebut jadi adalah kerja sambilan. “Saat itu aku kaget kalau dosenku bilang situsku udah disetujui. Ya setelah itu aku mulai rajin nulis di blog dan berguru kepada beliau,” beber Lichun, Kamis (29/11/2018).

Sebagai , Lichun mengakui bisa mengais keuntungan sebesar Rp 3 - 6 juta dalam sebulan, tergantung dari banyak tidaknya pengunjung blog. “Cara dapat artikelnya juga tergolong mudah, yaitu mengambil artikel di media terpercaya dan berita viral. Kemudian, mengeditnya dan diberi sumber atau bisa juga bikin artikel sendiri,” ujar Lichun membeber resepnya.

Dalam satu hari, ia bisa mengunggah 1-3 artikel. “Kalau konten, saya ngambil olahraga, karena saya suka olahraga. Ini masukan bagi pemula. Kalau bingung cari artikel, mending samakan dengan dengan hobi, biar seneng bikin artikelnya. Kalau gak suka bola dipaksa bikin artikel bola ya susah,” imbuh Lichun.

Senada dengan Lichun, Izzar Maulana (21) juga menikmati ‘statusnya’ sebagai . “Saya juga dapat duit dari google dalam kisaran Rp 2 – 6 juta per bulan,” kata dia, Jumat (30/11/2018). “Buat sambilan yang seakan bergaji ‘tetap’. Dulunya saya enggak tahu, karena kepo setelah baca berita mengenai AdSense yang menggiurkan, saya lanjutkan cari-cari informasi mengenai komunitas AdSense di facebook, akhirnya bisa tahu cara dan trik buat jalanin AdSense, Alhamdulillah jalan sampai sekarang,” kata dia sambil tesenyum.

Sementara Heri Triluqman, DosenA Teknologi Pendidikan dari Universitas Negeri Semarang mengatakan, “AdSense itu bisnis yang gampang-gampang enak. Kan cuma duduk sambil bikin artikel. Kalau orang udah tahu cara optimasi sistem kerjanya, ini ajang bisnis yang menggiurkan karena bersifat global dan tidak terbatas negara,” kata dia.

Heri, yang juga mentor pelatihan Blog AdSense membocorkan resep bagi pemula yang hendak memulai bisnis apapun. Yakni menurut dia faktor utama kesuksesan adalah ketekunan, konsisten, dan ada mentor. "Soalnya, banyak yang semangat di awal tapi karena enggak langsung ada hasil, jadi malas melanjutkan,” kata dia.

Lebih jauh, Heri memberikan tips agar pemula bisa lancar menjalankan AdSense, yaitu dengan mencari mentor yang sudah ahli. Hal ini agar jika mendapat masalah, bisa langsung berdiskusi dengan mentor.

Dalam situs resminya, Google juga memberikan kesempatan bagi untuk mendapat keuntungan dari AdSense. Untuk membuat akun AdSense, Google menyarankan langkah berikut:

1. Kunjungi https:/www.google.co.id/adsense/start

2. Klik “daftar sekarang”.

3. Pilih Akun Google yang akan digunakan untuk mendaftarkan AdSense.

4. Masukkan URL situs tempat anda untuk ingin menampilkan iklan.

5. Pilih apakah ingin AdSense mengirimkan saran performa dan bantuan yang disesuaikan. Sebaiknya Anda memilih “Ya” agar dapat menerima saran untuk memaksimalkan AdSense anda.

6. Pilih negara / wilayah Anda.

Sumber: -

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO